Kebakaran Hutan California yang Terus Mengamuk Mengancam Keberadaan Hutan Sequoia Kuno

Devi
Sabtu, 18 September 2021 | 08:55 WIB
Foto : Aljazeera R24/dev Foto : Aljazeera

RIAU24.COM -  Petugas pemadam kebakaran membungkus pangkal pohon terbesar di dunia dengan selimut tahan api saat mereka mencoba menyelamatkan rerimbunan sequoia raksasa dari kebakaran hutan di Sierra Nevada California.

Pohon "Jenderal Sherman" kolosal di Taman Nasional Sequoia, Museum Hutan Raksasa dan bangunan lainnya dibungkus untuk perlindungan terhadap kemungkinan kebakaran hebat, kata juru bicara kebakaran Rebecca Paterson.

Baca juga: Pembunuhan Versace, Pemilik Brand Terkenal Dunia yang Dibunuh Pada Pagi Bolong

Kebakaran hutan tahun lalu menewaskan ribuan sequoia, beberapa sequoia bahkan telah setinggi gedung tinggi dan berusia ribuan tahun. Sekarang, petugas pemadam kebakaran menggunakan pembungkus aluminium dan luka bakar yang ditentukan - api yang sengaja dibuat untuk menghilangkan jenis pohon dan vegetasi lain yang seharusnya memberi makan kebakaran hutan yang mendekat - untuk membantu melindungi sequoia.

Diketahui, pembungkus tersebut dapat menahan panas intensif untuk waktu yang singkat. Pejabat federal mengatakan mereka telah menggunakan bahan tersebut selama beberapa tahun di seluruh AS Barat untuk melindungi struktur sensitif dari api.

Kekeringan bersejarah dan gelombang panas yang terkait dengan perubahan iklim telah membuat kebakaran hutan lebih sulit untuk dilawan di Amerika Barat di mana petugas pemadam kebakaran berada dalam siaga maksimum selama 65 hari, sebuah rekor baru. Wilayah ini menjadi jauh lebih hangat dan lebih kering dalam 30 tahun terakhir dan akan terus membuat cuaca lebih ekstrem dan kebakaran hutan lebih sering dan merusak.

Di dekat Danau Tahoe, beberapa rumah yang terbungkus bahan pelindung selamat dari kebakaran baru-baru ini sementara yang lain di dekatnya hancur.

Api Koloni, salah satu dari dua kebakaran di Taman Nasional Sequoia, diperkirakan akan mencapai Hutan Raksasa, hutan 2.000 sequoia, dalam beberapa hari. Api tidak membesar secara signifikan pada Kamis karena lapisan asap mengurangi penyebarannya di pagi hari, kata juru bicara kebakaran Katy Hooper.

Baca juga: Walau Mirip Seperti 'Pengemis', Ke-10 Negara yang Ditemui Taliban Ini Kompak Tak Akui Wujud Mereka di Afghanistan

Inspektur Taman Nasional Sequoia dan Kings Canyon Clay Jordan menekankan pentingnya melindungi pohon-pohon besar dari kebakaran berintensitas tinggi selama pengarahan bagi petugas pemadam kebakaran. Sejarah 50 tahun menggunakan luka bakar yang ditentukan di kebun sequoia taman diharapkan dapat membantu pohon-pohon raksasa bertahan hidup dengan mengurangi dampak jika api mencapai mereka.

“Riwayat kebakaran yang kuat dari api yang ditentukan di daerah itu adalah alasan untuk optimisme,” kata Paterson. “Mudah-mudahan, hutan raksasa akan muncul dari sini tanpa cedera.”

Sequoia raksasa beradaptasi dengan api, yang dapat membantu mereka berkembang dengan melepaskan biji dari kerucutnya dan menciptakan tempat terbuka yang memungkinkan sequoia muda untuk tumbuh. Namun intensitas kebakaran yang luar biasa – yang dipicu oleh perubahan iklim – dapat membuat pepohonan kewalahan. Itu terjadi tahun lalu ketika Castle Fire membunuh apa yang diperkirakan studi adalah 7.500 hingga 10.600 sequoia besar, menurut National Park Service.

Sebuah tim manajemen kebakaran antarlembaga nasional mengambil alih komando upaya untuk memerangi Api Surga seluas 30 kilometer persegi (11,5 mil persegi) dan Api Koloni delapan kilometer persegi (tiga mil persegi), yang paling dekat dengan hutan. Operasi untuk membakar vegetasi dan bahan bakar lain yang dapat menyalakan api dilakukan di daerah itu.

Kebakaran memaksa evakuasi taman minggu ini, dan sebagian kota Three Rivers di luar pintu masuk utama tetap dievakuasi. Di selatan, kebakaran di Reservasi Indian Sungai Tule dan di Monumen Nasional Giant Sequoia tumbuh secara signifikan dalam semalam hingga lebih dari 15 kilometer persegi (enam mil persegi), dan kru tidak dapat menahannya, kata pernyataan Hutan Nasional Sequoia.

Api Berangin, juga dimulai oleh kilat, telah membakar sebagian Hutan Peyronie Sequoia di monumen nasional, dan hutan-hutan lainnya terancam. “Karena medan yang tidak dapat diakses, penilaian awal dari efek api pada pohon sequoia raksasa di dalam hutan akan sulit dan mungkin membutuhkan waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya,” kata pernyataan itu.

Kebakaran membuat Kantor Sheriff Kabupaten Tulare memperingatkan masyarakat Ponderosa, Quaking Aspen, Johnsondale dan Camp Whitsett, dan sebuah kamp Pramuka untuk siap mengungsi jika perlu.

Kebakaran hutan adalah salah satu yang terbaru dalam musim panas yang panjang dari kobaran api yang telah menghanguskan hampir 9.195 kilometer persegi (3.550 mil persegi) di California, menghancurkan ratusan rumah.


Informasi Anda Genggam


Loading...