Perusahaan Ini Ungkap Jika Vaksin Covid-19 Buatan Mereka Aman Untuk Anak-anak Berusia 5 Hingga 11 Tahun

Devi
Selasa, 21 September 2021 | 08:46 WIB
Foto : Aljazeera R24/dev Foto : Aljazeera

RIAU24.COM - Pfizer dan BioNTech mengatakan hasil uji coba menunjukkan vaksin COVID-19 mereka aman dan menghasilkan respons kekebalan yang kuat pada anak-anak berusia lima hingga 11 tahun, menambahkan bahwa mereka akan segera meminta persetujuan regulator.

Vaksin akan diberikan dengan dosis yang lebih rendah daripada orang yang berusia di atas 12 tahun, raksasa farmasi AS Pfizer dan mitra Jermannya mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama.

“Pada peserta berusia lima hingga 11 tahun, vaksin itu aman, ditoleransi dengan baik dan menunjukkan respons antibodi penetralisir yang kuat,” kata pernyataan itu.

Ia menambahkan bahwa mereka berencana untuk mengirimkan data mereka ke badan pengatur di Uni Eropa, AS, dan di seluruh dunia "sesegera mungkin".

Hasil uji coba adalah yang pertama dari jenisnya untuk anak di bawah 12 tahun untuk vaksin yang digunakan secara luas, dengan uji coba Moderna untuk anak berusia enam hingga 11 tahun masih berlangsung. Pekan lalu, Kuba mengumumkan bahwa mereka telah mulai memvaksinasi anak-anak berusia dua tahun dengan vaksin buatan sendiri, yang menurut pejabat kesehatannya telah terbukti aman untuk orang yang lebih muda.

Baca juga: Inilah 5 Alasan Orang Korea Mengapa Selalu Sehat dan Bugar

Baik vaksin Pfizer dan Moderna sudah diberikan kepada remaja di atas 12 tahun dan orang dewasa di negara-negara di seluruh dunia.

Pembaruan datang ketika negara-negara terus bergulat dengan varian Delta yang sangat menular dan keraguan vaksin pada beberapa orang dewasa, yang terus memperpanjang pandemi. Itu juga muncul ketika otoritas kesehatan mempertimbangkan apakah suntikan penguat dari vaksin yang tersedia diperlukan untuk orang dewasa.

Meskipun anak-anak dianggap kurang berisiko terkena COVID-19 yang parah, ada kekhawatiran bahwa varian Delta dapat menyebabkan kasus yang lebih serius. Menyuntikkan anak-anak juga dipandang sebagai hal mendasar untuk menjaga sekolah tetap buka dan membantu mengakhiri pandemi.

“Kami ingin memperluas perlindungan yang diberikan oleh vaksin kepada populasi yang lebih muda ini,” kata CEO Pfizer Albert Bourla, mencatat bahwa “sejak Juli, kasus anak-anak dari COVID-19 telah meningkat sekitar 240 persen di AS”.

Anak-anak dalam kelompok uji coba usia lima hingga 11 tahun menerima rejimen dua dosis 10 mikrogram dalam uji coba, dibandingkan dengan 30mg untuk kelompok usia yang lebih tua, kata perusahaan tersebut. Tembakan diberikan 21 hari terpisah. Dosis 10mg "dipilih dengan hati-hati sebagai dosis yang disukai untuk keamanan, tolerabilitas dan imunogenisitas" untuk kelompok usia itu, kata pernyataan itu.

Baca juga: Hindari dari Sekarang Jika Tak Ingin Menyesal Seumur Hidup, Ini Bahaya Minum Es Saat Haid

Efek sampingnya "umumnya sebanding dengan yang diamati pada peserta berusia 16 hingga 25 tahun", tambahnya.

Di antara efek samping yang paling sering dilaporkan di masa lalu adalah rasa sakit dan bengkak di tempat suntikan serta sakit kepala, kedinginan dan demam. Israel telah memberikan otorisasi khusus untuk memvaksinasi anak-anak berusia lima hingga 11 tahun yang “berisiko signifikan terhadap penyakit serius atau kematian” akibat COVID-19, menggunakan tusukan Pfizer dengan dosis yang lebih rendah.

Pfizer dan BioNTech juga menguji coba vaksin mereka pada bayi berusia enam bulan hingga dua tahun, dan pada anak-anak berusia dua hingga lima tahun. Hasil utama untuk uji coba tersebut diharapkan "segera" pada kuartal keempat tahun ini, kata perusahaan. Secara keseluruhan, hingga 4.500 anak berusia enam bulan hingga 11 tahun telah terdaftar dalam uji coba Pfizer-BioNTech di AS, Finlandia, Polandia, dan Spanyol.

Seperti saingannya Moderna, tusukan Pfizer didasarkan pada teknologi mRNA yang mengirimkan instruksi genetik ke sel untuk membangun protein lonjakan virus corona untuk membangkitkan antibodi ketika tubuh menghadapi virus asli.


Covid-19 Vaksin
Informasi Anda Genggam


Loading...