Awalnya Menjual Sabun dari Pintu ke Pintu, Harjo Sutanto Sukses Jadi Konglomerat di Indonesia

Rizka
Selasa, 21 September 2021 | 10:43 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -   Harjo Sutanto, miliader berusia 93 tahun yang dinobatkan jadi miliarder tertua di Tanah Air. Sebelumnya gelar miliarder tertua di Indonesia dipegang oleh Eka Tjipta Widjaja, bos Sinarmas yang wafat Januari 2019 pada usia 98 tahun.

Nama Harjo Sutanto kini masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Pria yang kini berusia 93 tahun ini merupakan Wings Group.

Berdasarkan data Forbes yang dikutip, Senin (20/9), total nilai harta Harjo Sutanto pada 2020 adalah US$ 530 juta. Di Indonesia dirinya masuk daftar 50 orang terkaya.

Harjo Sutanto kini tinggal di DKI Jakarta, statusnya sudah menikah dengan Yenny Lilian dan dikaruniai empat orang anak.

Baca juga: Dianggap Biasa Saja, Ternyata Patung Kayu Ini Berusia 4600 Tahun

Ternyata, apa yang miliader ini lakukan cukup sederhana, yaitu berjualan sabun. Pernah mendengar atau menggunakan produk deterjen krim berlabel Ekonomi, sabun Nuvo dan GIV hingga mie instan berlabel Mie Sedaap? Seluruh produk itu berada di bawah produksi perusahaan Harjo, Wings Group.

Bersama sahabatnya, Johannes Ferdinand Katuari, Harjo Sutanto menjual sabun dari pintu ke pintu lebih dari 60 tahun yang lalu di Jawa Timur.

Dengan kerja keras dan konsisten dalam memasarkan produk sabun buatannya sendiri. Lingkup pasar produknya pun sudah mulai masuk ke warung-warung hingga tersebar ke agen.

Pada saat itu, perusahaan sabunnya di bernama Fa Wings. Pada awalnya, mereka cuma memproduksi sabun colek, namun akhirnya juga memproduksi sabun mandi merek GIV yang laku keras.

Baca juga: Cristiano Ronaldo, Salah Satu Pesebak Bola Termahal Didunia, Penah Jadi Bintang Iklan Produk Minuman Indonesia

Hingga saat ini, produk Wings Group tersebar di hampir seluruh toko di Indonesia, baik supermarket atau toko ritel kecil. Seiring dengan berkembangnya bisnis waralaba, Wings Group juga memiliki franchise peritel minimarket, FamilyMart.

Nama Wings sendiri berasal dari inspirasi mencapai kesuksesan setinggi langit, dengan logo sayap di dua sisi yang menggambarkan kesamaan cita-cita dan aspirasi.

Bakat bisnis Harjo juga diturunkan ke anak-anaknya, salah satunya Fifi yang saat ini memimpin Ecogreen, anak perusahaan Wings Group yang mengembangkan produk oleo-kimia.


Informasi Anda Genggam


Loading...