Kamu Pasti Sudah Tau Suku Terbesar di Indonesia

Amerita
Kamis, 23 September 2021 | 14:49 WIB
Keluarga Bapak Jokowi R24/ame Keluarga Bapak Jokowi

RIAU24.COM - 58% mayoritas penduduk Indonesia tnggal di Pulau Jawa. Jawa pula lah kelompok etnis terbesar di Indonesia dengan populasi lebih dari 100 juta (40,2%) menurut sensus 2011.

Bahkan, bahasa Jawa juga ditemukan di Malaysia, Afrika Selatan, Belanda, dan Singapura.  

Baca juga: Rakyat Korea Utara yang Lahir Tanggal 8 Juli dan 17 Desember tak Boleh Rayakan Ulang Tahun, Ini Alasannya


Suku bangsa ini terbagi menjadi beberapa sub kelompok antara lain suku Mataram, Osing, Cirebon, Samin, Tengger, Naga, dan Boyan. Mayoritas sub-kelompok ini adalah Muslim sementara minoritas diidentifikasi beragama Kristen.

Orang Sunda terutama menempati bagian barat Indonesia dan berjumlah sekitar 40 juta yang mewakili 15,5% dari total populasi. Mayoritas orang Sunda adalah Muslim dengan sangat sedikit dari mereka yang beragama Kristen dan Budha. Orang Sunda berasal dari Austronesia yang bermigrasi dari Taiwan melalui Filipina pada tahun 1500 SM.

Kelompok etnis ini banyak meminjam budayanya dari Jawa kecuali sistem yang tidak terlalu kaku. Mereka mengidentifikasikan diri dengan sistem kekerabatan bilateral yang menganggap laki-laki dan perempuan sama pentingnya dalam masyarakat.

Baca juga: Kekurangan Mayat, Mahasiswa Kedokteran Jaman Dulu Curi di Kuburan, Picu Kemarahan


Batak adalah nama kolektif untuk kelompok etnis termasuk Alas, Kluet, Toba, Mandailing, Pakpak, dan Karo. Kelompok etnis ini ditemukan terutama di Sumatera Utara di Indonesia. Meskipun sub-kelompok ini berbeda, bahasa dan kebiasaan mereka.

Suku bangsa lain di Indonesia antara lain suku Madura, Betawi, Minangkabau, Bugis, Melayu, dan Banten. Kelompok etnis ini masing-masing menyumbang setidaknya 2% dari populasi negara itu. Sebagian besar dari kelompok etnis ini adalah petani dan mayoritas penduduknya adalah Muslim.

 

 


Informasi Anda Genggam


Loading...