Tampak Biasa, Mengapa Iridium Lebih Mahal daripada Emas?

Amerita
Kamis, 23 September 2021 | 15:06 WIB
Iridium R24/ame Iridium

RIAU24.COM - Iridium adalah salah satu logam mulia paling langka di planet ini, hanya ditambang sebagai produk sampingan dari paladium dan platinum. 

Dengan demikian, pasokannya sangat terbatas, dan tidak umum diperdagangkan. Hanya ada segelintir pedagang yang menjual ingot iridium dan investor segera mengirimkan pembelian mereka ke produksi untuk digunakan dalam hal-hal seperti layar elektronik. 

Baca juga: Ini Sifat Nabi Muhammad yang Harus Dicontoh Kaum Akhir Zaman


Berbagai industri, dari elektronik dan bahan kimia hingga mobil dan telepon seluler, semuanya menginginkan logam biru keperakan itu. Iridium dapat dilihat di busi mobil, di layar listrik dan di smartphone.

Sekitar dari seluruh pasokan iridium dunia ditambang dari Afrika Selatan, dan isu-isu dari negara itu berkontribusi besar terhadap kenaikan harga dan menyusutnya pasokan. 

Baca juga: Tulus dan Tanpa Pamrih, Ini Kebohongan Terbesar Seorang Ibu


Masalah teknis dengan grup penambangan platinum dikombinasikan dengan komplikasi yang timbul dari pandemi virus corona dan lockdown.

Tidak hanya permintaan untuk iridium yang tinggi, begitu juga tuntutan untuk platinum, dan karena keduanya ditambang bersama. Ini mungkin tidak seindah emas atau platinum, tetapi berbagai kegunaan iridium membuatnya lebih mahal daripada emas.

 


Iridium
Informasi Anda Genggam


Loading...