Mengenal Makanan Hitam Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Dan Alasan Kenapa Anda Harus Menambahkan Makanan Ini ke Dalam Daftar Diet

Devi
Sabtu, 25 September 2021 | 10:44 WIB
Foto : India.com R24/dev Foto : India.com

RIAU24.COM -  Saat tumbuh dewasa kita semua telah diajari bahwa kita harus makan sayuran hijau, buah-buahan berwarna-warni agar tetap sehat. Ketika Anda memikirkan warna di piring Anda, apakah Anda pernah memikirkan makanan berwarna hitam? Nah, saatnya Anda melakukannya! Karena itu adalah makanan kekuatan baru. Kita semua tahu sayuran hijau, kuning, dan merah sarat dengan nutrisi – begitu juga dengan yang hitam! 

Apa itu makanan hitam?

Makanan dengan pigmen yang disebut antosianin dikenal sebagai makanan hitam. Antosianin ditemukan dalam makanan berwarna hitam, biru dan ungu dan memiliki nutrisi dan manfaat tersembunyi yang berlimpah. Pigmen ini memiliki sifat anti-oksidan yang kaya yang meningkatkan kesehatan dan memiliki potensi untuk mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan stroke. Mereka memainkan peran besar dalam kekebalan. Mereka menyenangkan, sehat, tidak biasa dan juga membuat suguhan visual yang bagus.

Baca juga: 8 Camilan Sehat yang Dapat Anda Kunyah Saat Tengah Malam Tanpa Rasa Bersalah

Abhilasha V, HOD dan Kepala Ahli Gizi Klinis, kelompok Rumah Sakit Cloudnine, Bengaluru, beberapa yang menarik dan manfaatnya:

  • Beras Hitam

Dibudidayakan di sabuk Asia Tenggara, nasi ini memiliki rasa pedas dan dapat digunakan dalam banyak resep. Di Cina, ini dikenal sebagai beras Terlarang di zaman kuno karena hanya diperuntukkan bagi bangsawan. Sekarang, beberapa bagian India Timur Laut juga menanam beras hitam. Mereka sarat dengan lutien dan zeaxanthin dan meningkatkan kesehatan mata yang baik. Mereka memiliki sifat melawan kanker karena kandungan antioksidan dan seratnya yang tinggi. Mereka dapat digunakan dalam puding, tumis, risotto, bubur, mie, roti dan bahkan membuat ide bagus untuk kheer yang enak!

  • Dal Hitam 

Lebih dekat ke rumah kejutan! Orang India telah menggunakan dal hitam selama berabad-abad. Mereka digunakan sebagai gravies dan dalam persiapan dal campuran. Mereka kaya serat, zat besi, folat dan protein dan bisa sangat lezat juga.

  • Zaitun hitam

Dengan pengaruh barat pada kebiasaan makan kita, itu telah membawa daftar panjang makanan yang baik. Zaitun adalah salah satunya dan rasanya serbaguna. Ini dapat ditambahkan ke salad, pasta, tumis dan beberapa acar dan minuman juga. 

Zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, Vitamin E, Polifenol dan oleocanthal - yang merupakan senyawa anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit yang kuat yang ditemukan dalam buah zaitun. Makanan kecil yang kaya energi ini dapat melindungi arteri Anda dari penyumbatan, menjaga kesehatan mata, mencegah kerusakan DNA, meningkatkan kesehatan kulit dan juga kesehatan rambut.

Baca juga: Tidak Bisa Menemukan Obat Untuk Mengobati Penyakit Genetik Langka Putranya, Pria Asal Tionghoa Ini Memutuskan Untuk Membuatnya Sendiri

  • Biji wijen hitam

Umumnya dikenal sebagai Til, mereka datang dengan banyak manfaat, sarat dengan serat, protein, magnesium, kalium, zat besi, kalsium, seng, tembaga, selenium dan Vitamin E. Ini juga mengandung sesamin, yang membantu mengurangi peradangan dan memainkan peran penting. berperan dalam nyeri sendi. Ya! Semua itu dalam tunjangan harian 1-2 sendok teh dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan Anda. Mereka dapat digunakan dalam salad sebagai hiasan, di laddoos, roti, smoothie, sup, hummus, saus dan bahkan tahini. Mereka dapat dikonsumsi direndam, tumbuh, dipanggang atau dipanggang juga.

  • Anggur hitam

Dikenal karena rasanya yang manis dan rasanya yang populer, anggur hitam menjadi favorit banyak orang. Buah musiman ini memiliki segudang manfaat untuk kita. Anggur hitam mengandung Lutein, Zeaxanthin yang mencegah kerusakan retina dan degenerasi makula. Resveratrol dalam anggur diketahui memiliki sifat anti-kanker dan memiliki efek perlindungan yang sangat besar pada kesehatan jantung dengan menurunkan kadar LDL juga. Proanthocyanidins hadir dalam buah ini memiliki manfaat besar untuk kesehatan kulit juga. Gunakan anggur ini dalam salad, smoothie, selai, dan bahkan nasi dadih tua yang enak!

  • Bawang hitam

Ya, Anda mendengarnya dengan benar. Nah, ini tidak ditemukan secara alami, tetapi mengembangkan warna ini karena proses yang mengubahnya menjadi hitam dan digunakan secara luas dalam masakan Asia. Ini adalah bawang putih putih biasa yang telah difermentasi atau berumur. Ini memiliki kekayaan karamel dan gurih yang menambah rasa pada tumis, daging panggang, nasi dan persiapan mie dan sup juga. Ini memiliki sifat yang mencegah kerusakan sel dan karenanya melindungi kita dari kanker. Bawang putih hitam mengandung lebih banyak anti-oksidan [hampir 2X] daripada rekan putihnya. Jadi mengapa menunggu - tambahkan dalam dosis kecil ke dalam makanan Anda dan biarkan kesehatan Anda berkembang.

Keuntungan dari Makanan Hitam

Seperti disebutkan di atas mereka datang dengan sejumlah manfaat seperti anti-kanker, anti-penuaan, baik untuk kesehatan mata, jantung, kulit dan rambut juga.

Kekurangan Makanan Hitam

Tidak ada yang khusus. Tidak ada toksisitas nyata yang terkait dengan makanan ini yang dilaporkan dan dianggap aman secara umum, tetapi selalu ingat, terlalu banyak makanan bukanlah aturan dalam nutrisi.

Hal-hal yang perlu diingat: Selalu pastikan Anda memiliki diet seimbang yang mengandung semua kelompok makanan, berbagai warna, nutrisi, dan varietas — pilih secukupnya dan masukkan ke dalam rencana makan harian Anda dengan bantuan ahli gizi.


Informasi Anda Genggam


Loading...