Waspada! 4 Penyebab Seseorang Tidak Bisa Gemuk

Rizka
Minggu, 26 September 2021 | 12:52 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Penurunan berat badan adalah topik yang umum dibahas di dunia kesehatan dan kebugaran. Meskipun di satu sisi ada orang yang berjuang menurunkan berat badan, tapi di sisi lain ada banyak orang yang mati-matian berusaha untuk menambah berat badan.

Jika Anda mengalami penurunan berat badan sebesar 5% dari berat badan Anda yang sebelumnya dalam rentang waktu 6 bulan, maka Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Hal tersebut mungkin saja menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami kondisi medis atau masalah kesehatan yang membuat berat badan Anda turun dan tidak kembali normal.

Apa saja kondisi medis atau gangguan kesehatan yang memicu berat badan turun secara drastis dan tak bisa gemuk lagi?

1. Malnutrisi

Baca juga: Ingin Tambah Berat Badan? Ikuti 5 Cara Berikut Ini

Malnutrisi adalah kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan suatu zat gizi. Apabila Anda tidak memperhatikan pemilihan serta pengaturan makan Anda, maka bukan tidak mungkin Anda bisa mengalami malnutrisi.

Kekurangan suatu zat gizi ini terjadi ketika tubuh tidak bisa menyerap beberapa zat gizi yang masuk ke dalam tubuh dan hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pola makan yang tidak sehat, gangguan pada sistem pencernaan, serta baru saja menjalani suatu operasi.

2. Hipertiroidisme

Pada pasien hipertiroidisme, kelenjar tiroid menjadi terlalu aktif. Memiliki terlalu banyak hormon tiroid yang bersirkulasi dapat membuat metabolisme bekerja berlebihan dan membuat individu mudah mengalami penurunan berat badan.

Gejala lain dari hipertiroidisme yaitu gugup atau lekas marah, kelelahan atau kelemahan otot, masalah tidur, tangan gemetar, detak jantung yang cepat dan tidak teratur, diare, dan perubahan suasana hati.

3. Depresi

Tidak hanya masalah pada kesehatan fisik saja yang membuat berat badan Anda turun dan kemudian bertahan pada angka tersebut. Gangguan kesehatan mental, seperti depresi juga bisa membuat Anda tak bisa gemuk.

Saat Anda merasa depresi dan tertekan karena sesuatu hal, maka tubuh akan secara alami melakukan berbagai respon melalui perubahan fungsi tubuh. Salah satu respon yang bisa menyebabkan penurunan berat badan secara drastis adalah perubahan hormon yang menyebabkan seseorang menjadi tidak nafsu makan dan metabolisme menjadi terganggu dan melambat, sehingga menyebabkan zat gizi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi.

Baca juga: Hasil Studi Menunjukkan Mengkonsumsi Jus Ini Setiap Hari Dapat Melawan Peradangan dan Stres Oksidatif Pada Orang Dewasa

4. Kanker

Saat sel kanker tumbuh pada suatu jaringan tubuh, sel tersebut tidak hanya akan merusak jaringan saja tetapi juga memakan semua makanan yang seharusnya diterima oleh jaringan itu. Pertumbuhan sel kanker yang sangat cepat, membuat sel kanker ‘lapar’ setiap saat.

Oleh karena itu, tidak jarang pasien kanker yang tidak melakukan pengobatan lebih banyak yang mengalami kekurangan berat badan dan tak bisa gemuk karena kesulitan menaikkan berat badannya. Hal ini harus ditangani dengan cara melakukan pengobatan kanker untuk mematikan sel kanker yang sedang tumbuh tersebut.


Informasi Anda Genggam


Loading...