Ini 7 Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Covid-19

Riko
Kamis, 30 September 2021 | 11:25 WIB
Foto (net) R24/riko Foto (net)

RIAU24.COM - Vaksin Covid-19 dapat membantu melindungi Anda dari tertular Covid-19. Namun setelah divansin Anda mungkin akan mengalami beberapa efek samping, yang merupakan tanda normal bahwa tubuh sedang membangun antibodi atau perlindungan. 

Baca juga: Tak Hanya Mampu Melangsingkan Tubuh, Inilah Manfaat Utama Lemon Untuk Kulit Dan Rambut Anda

Efek samping ini dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi akan hilang dalam beberapa hari. Melansir dari Doktersehat, berikut ini beberapa cara mengatasi efek samping vaksin Covid-19:

1. Kompres Dingin

Es adalah pengobatan yang bagus untuk pembengkakan sekaligus meredakan rasa sakit. Pengobatan ini sering kali terlewat atau terlupakan, padahal kompres es adalah terapi yang mudah  dan tidak menimbulkan interaksi dengan obat apa pun yang sudah Anda konsumsi.

Caranya cukup mudah, siapkan air dingin dalam baskom, celupkan lap bersih, peras sedikit, dan kemudian terapkan pada lengan tempat bekas suntikan yang membengkak dan terasa nyeri. Lakukan cara ini sampai pembengkakan dan nyeri benar-benar hilang.

2. Obat Pereda Nyeri

Meskipun CDC dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pencegahan dengan penggunaan obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti acetaminophen, ibuprofen, aspirin, atau antihistamin, tetapi mereka mengizinkan mengonsumsinya jika gejala berkembang setelah suntikan vaksin.

Anda dapat menggunakan obat-obatan tersebut untuk meredakan efek samping  setelah vaksin  jika Anda tidak memiliki alasan medis lain yang mencegah mengonsumsi obat-obatan ini secara normal.

Perlu Anda ingat! Anda tidak disarankan meminum obat-obatan ini sebelum vaksin untuk tujuan mencoba mencegah efek samping.

3. Latihan Lengan

Nyeri otot di tubuh berasal dari peradangan lokal, yakni pada bekas suntikan vaksin. Dr. Richard Pan, dokter anak dan Senator Negara Bagian California yang mengetuai Komite Kesehatan Senat, menjelaskan bahwa menggerakkan lengan terkadang bisa membuatnya merasa lebih baik.

4. Mandi Garam Epsom

Jika benar-benar merasa sakit atau jika mengalami nyeri di tubuh secara umum, cobalah mandi garam Epsom. Cara mengatasi efek samping vaksin COVID ke 2 cukup mudah, ambilah 2 cangkir garam Epsom, campurkan ke dalam bak air yang hangat hingga larut, dan kemudian berendam selama 20 menit. Langkah selanjutnya mandi air dingin dan kemudian kembali istirahat di tempat tidur.

5. Istirahat

Meskipun dokter menyarankan Anda untuk istirahat untuk membantu pemulihan, tetapi jangan terlalu berlebihan. Dokter juga mendorong Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, karena untuk menjaga sistem kardiovaskular sebaik mungkin.

6. Minum Cairan yang Banyak

CDC merekomendasikan perbanyak minum cairan sebagai cara untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat demam. Guna membantu mengatasi mual, penting untuk tubuh terhidrasi dengan baik pada hari-hari sebelum mendapatkan vaksin juga.

Jika mual sangat parah, cara mengatasi efek samping vaksin COVID-19 sebaiknya meminum teh jahe atau menyeduh jahe segar yang telah diiris atau diparut dengan air panas.

Baca juga: Ladies, Inilah Waktu Terbaik Mengaplikasikan Body Lotion

7. Mengatasi Kemerahan

Jika mengalami kemerahan di tempat bekas suntikan, jangan khawatir. Kemerahan di sekitar tempat suntikan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika kemerahan disertai rasa gatal yang benar-benar mengganggu, dokter mungkin akan menganjurkan untuk mengonsumsi Benadryl. Ini sebagai salah satu cara menghilangkan efek samping vaksin COVID-19 yang cukup efektif.


Informasi Anda Genggam


Loading...