Kim Jong-un Disebut Bersedia Memulihkan Hubungan Korut Dengan Korea Selatan

Riki Ariyanto
Kamis, 30 September 2021 | 11:47 WIB
Kim Jong-un Disebut Bersedia Memulihkan Hubungan Korut Dengan Korea Selatan (foo/int) R24/riki Kim Jong-un Disebut Bersedia Memulihkan Hubungan Korut Dengan Korea Selatan (foo/int)

RIAU24.COM - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dikabarkan bersedia memulihkan hubungan dengan Korea Selatan (Korsel). Disebut pemulihan hubungan langsung antar-Korea yang terputus bakal dibicarakan bulan Oktober nanti.

Dilansir dari Okezone, hanya saja Kim Jong-un menuduh Amerika Serikat (AS) mengusulkan pembicaraan tanpa mengubah "kebijakan bermusuhan" terhadap Korut, media pemerintah KCNA melaporkan pada Kamis (30/9/2021).

Kim mengatakan ancaman militer AS dan kebijakan bermusuhan tetap tidak berubah di bawah pemerintahan baru Presiden Joe Biden. Hal itu disampaikan Kim Jong-un dalam pidatonya di Majelis Tertinggi Rakyat, parlemen yang selalu menyetujui kebijakan eksekutif.

Baca juga: Tragis, Remaja 16 Tahun Tewas di Dekat Halte Bus di Yerusalem

Pemerintahan Biden menyebut sudah menghubungi Korea Selatan guna memecahkan kebuntuan atas pembicaraan yang bertujuan untuk melucuti program nuklir hingga misilnya dengan imbalan keringanan sanksi Amerika Serikat (AS).

Tetapi Kim Jong-un menyebut tawaran berhubungan kembali dan dialog hanyalah "kedok" untuk kebijakan bermusuhan yang berkelanjutan

Baca juga: Pencopet di Sekitar Menara Eiffel Jadi Tantangan Berat Bagi Pihak Kepolisian Paris Sebelum Olimpiade 2024

Kim Jong-un mengatakan kesediaannya untuk menyambungkan kembali hubungan langsung antar-Korea mulai Oktober "sebagai bagian dari upaya mewujudkan harapan masyarakat akan hubungan yang lebih baik dan perdamaian abadi" antara kedua pihak yang bersaing itu, kata kantor berita resmi KCNA.

Seperti diketahui Korut memutuskan hubungan langsung pada awal Agustus, hanya beberapa hari setelah membukanya kembali untuk pertama kalinya dalam setahun di tengah hubungan yang menegang.


Informasi Anda Genggam


Loading...