Bocah 12 Tahun Pingsan Usai Vaksinasi Covid-19 Di Melaka, Ternyata Ini Penyebabnya...

Devi
Jumat, 01 Oktober 2021 | 15:35 WIB
Foto : WorldofBuzz R24/dev Foto : WorldofBuzz

RIAU24.COM - Baru-baru ini, seorang bocah lelaki berusia 12 tahun pingsan di tempat parkir pusat vaksinasi (PPV) di Melaka setelah menerima vaksin Covid-19 yang memicu banyak spekulasi. Tetapi pihak berwenang telah mengkonfirmasi bahwa bocah itu tidak kehilangan kesadaran karena vaksin.

Dr Rusdi Bin Abd Rahman, Wakil Direktur Departemen Kesehatan Negara Bagian Melaka merilis pernyataan terkait insiden tersebut untuk menjelaskan urutan kejadian.

Anak laki-laki berusia 12 tahun itu pergi untuk vaksinasi walk-in bersama keluarganya di PPV Integrasi Encore, Klebang pada 30 September.

Baca juga: Bikin Mewek, Bocah Ini Diberi Kejutan Pertemuan dengan Sahabatnya

Selama proses vaksinasi, anak itu gugup tetapi tidak menunjukkan efek samping setelah vaksinasi atau selama periode pengamatan. Namun, saat ia sedang dalam perjalanan ke tempat parkir, anak itu tiba-tiba merasa lemas dan pingsan.

Anggota keluarganya segera membawanya kembali ke PPV untuk pemeriksaan lebih lanjut dan diperiksa oleh petugas medis yang bertugas. Ditemukan bahwa kondisi anak laki-laki itu stabil, dengan tanda-tanda vital seperti tekanan darah, denyut nadi dan oksigen dalam darah pada tingkat normal.

Setelah 30 menit observasi oleh tim medis, bocah itu diizinkan pulang. 

Belakangan, saat panggilan telepon lanjutan ke keluarga, bocah itu dilaporkan sehat dan aktif seperti biasa. Ditemukan juga bahwa dia tidur larut malam pada jam 2 pagi dan tidak memiliki nafsu makan di pagi hari, dan hanya makan sesendok nasi lemak.

Baca juga: Untuk Hormati Mendiang Istrinya, Pria Ini Lakukan Pemotretan Ulang di Tempat yang Sama dengan Putrinya

"Remaja ini tidak memiliki masalah kesehatan, tidak pernah dirawat di rumah sakit atau memiliki riwayat alergi sebelumnya," kata pernyataan itu.

“Kejadian ini dipastikan terjadi karena gugup, kurang tidur dan tidak sarapan sebelum vaksinasi. Dinas Kesehatan Melaka bersama Dinas Kesehatan Kabupaten akan terus memantau status kesehatan para remaja ini dari waktu ke waktu.”

Dr Rusdi berpesan kepada orang tua dan wali yang membawa anaknya untuk divaksinasi untuk memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan istirahat dan makanan yang cukup sebelum pergi ke PPV. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi atau berita bohong.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin juga mengomentari masalah ini, menyarankan mereka yang divaksinasi untuk mendapatkan istirahat yang cukup setelah vaksinasi. “Pastikan Anda makan sebelum pergi ke PPV dan istirahat yang cukup setelah vaksinasi. Hindari aktivitas berat selama seminggu,” katanya dalam tweet.


Informasi Anda Genggam


Loading...