Begini Cara Mengatasi Saat Rem Terasa Bergetar Dengan Biaya Murah

M. Iqbal
Senin, 04 Oktober 2021 | 10:30 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Sistem pengereman yang ada di kendaraan merupakan salah satu komponen paling vital. Tak bisa dipungkiri jika ada beberapa kondisi rem yang perlu dilakukan pengecekan.

Melansir dari Otodriver.com, salah satu penyebab mobil yang tak lagi dalam kondisi prima biasanya adalah kerap bergetar saat pengereman. Biasanya getaran dirasakan dalam skala kecil hingga besar.

Baca juga: Semakin Agresif, New CBR150R Berpenampilan Baru

Pemilik bengkel Key Auto Raharjo menyebutkan jika hal itu lumrah terjadi. Dia menjelaskan bahwa getaran biasanya terjadi dikarenakan piringan rem yang tidak rata.

"Biasanya kalau dilakukan pengereman terjadi getaran, piringan remnya tidak rata," kata Raharjo.

Baca juga: Honda WR-V Resmi Hadir di Pekanbaru

Dia kemudian menyebutkan, hal itu terjadi karena bagian rem mengalami tingkat kepanasan yang berlebih. "Piringan rem yang tidak rata karena rem terlalu panas usai perjalanan jauh," ucapnya lagi.

Namun tak perlu khawatir, Raharjo menjelaskan cara mengatasi permasalahan tersebut. "Piringan rem yang tidak rata bisa diatasi dengan cara dibubut. Biayanya Rp 100 sampai 200 ribu. Namun, jika piringan sudah tipis jangan dibubut. Harus diganti dengan yang baru," tandasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...