Para Ahli Minta Masyarakat Berhenti Konsumsi Buah Alpukat Dengan Campuran 2 Bahan Ini, Bahayanya Ngeri Banget

Devi
Rabu, 06 Oktober 2021 | 16:20 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet

RIAU24.COM -  Buah alpukat rupanya menjadi salah satu buah-buahan yang disukai banyak orang.Terlebih lagi alpukat bisa diolah menjadi beragam makanan, salah satunya yaitu jus atau es buah. Namun siapa sangka, ahli sangat melarang keras masyarakat konsumsi buah alpukat dicampur dengan dua bahan ini.

Bahan yang dimaksud adalah susu dan gula, padahal menurut penelitian enambahan bahan lain justru akan membuat gizinya berkurang. Campuran ini juga akan merusak kandungan vitamin dan mineral bermanfaat dalam buah-buahan yang dikonsumsi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of California, Amerika Serikat, alpukat justru akan lebih sehat kalau dimakan begitu saja. Untuk lebih amannya, ahli lebih menganjurkan madu untuk menjadi campuran yang paling aman karena tidak akan merusak khasiat alami buah.

Baca juga: 10 Posisi Tidur Kucing dan Artinya yang Perlu Diketahui

Selain rasanya yang lezat saat dicampur di es buah, ternyata alpukat juga punya segudang manfaat loh, seperti dilansir dari Poskota :

1. Menjaga berat badan
Karena alpukat mengandung karbohidrat dan serat, mengonsumsi buah ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Meski berlemak, alpukat tidak menyebabkan berat badan cepat meningkat, karena jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak baik. 

Namun, untuk mendapatkan manfaat alpukat yang satu ini, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan mengingat kalorinya cukup tinggi, yaitu sektiar 150–200 kalori per buahnya. Selain itu, untuk menurunkan berat badan, Anda juga dianjurkan untuk rutin berolahraga.

2. Memelihara kesehatan jantung
Buah alpukat merupakan sumber lemak sehat, protein, serat, serta aneka vitamin dan mineral yang baik bagi jantung. Riset menunjukkan bahwa pola makan tinggi buah dan sayuan, termasuk buah alpukat, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Kolesterol LDL yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan sumbatan di pembuluh darah jantung dan memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, buah alpukat baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Ini Sederet Alasan Kenapa Pria Tertarik dengan Wanita Introvert

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan mata. Asupan lutein dan zeaxhantin yang cukup juga baik untuk mencegah penyakit pada mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.

4. Mencegah dan mengatasi sembelit

Sembelit bisa terjadi karena kekurangan asupan serat atau kurang minum air putih. Oleh karena itu, untuk mencegah atau mengatasi sembelit, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi serat yang salah satunya adalah alpkukat. Untuk memaksimalkan manfaat buah alpukat untuk sembelit, Anda juga dianjurkan minum air putih yang cukup dan rutin berolahraga.

5. Mengurangi risiko terjadinya kanker

Salah satu makanan sehat untuk mengurangi risiko terjadinya kanker adalah sayuran dan buah-buahan, termasuk alpukat. Ini karena buah alpukat mengandung beragam nutrisi dan antioksidan, seperti asam oleat, vitamin C, vitamin E, dan lutein, yang baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Tak hanya pada buah alpukat, riset menunjukkan bahwa beragam zat yang bersifat antikanker juga terdapat pada bijinya. Namun, efektivitas manfaat alpukat yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.


Informasi Anda Genggam


Loading...