Vaksinasi Mendekati 70 Persen, Pemko Pekanbaru Targetkan PPKM Turun Level 1 Dalam Dua Pekan

Riki Ariyanto
Rabu, 06 Oktober 2021 | 20:02 WIB
Vaksinasi Mendekati 70 Persen, Pemko Pekanbaru Targetkan PPKM Turun Level 1 Dalam Dua Pekan (foto/int) R24/riki Vaksinasi Mendekati 70 Persen, Pemko Pekanbaru Targetkan PPKM Turun Level 1 Dalam Dua Pekan (foto/int)

RIAU24.COM - Kota Pekanbaru masih akan menerapkan PPKM Level 2 sampai 18 Oktober mendatang. Sebab sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 48 Tahun 2021, status PPKM kabupaten/kota yang berada di level 2 untuk bisa turun ke level 1 ada sejumlah syarat.

Yaitu capaian pelaksanaan vaksinasi dosis pertama wajib tercapai 70 persen. Selanjutnya untuk capaian vaksinasi dosis 1 bagi lanjut usia di atas 60 tahun, minimal sebesar 60 persen.

Sementara Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau mencatat Kota Pekanbaru capaian vaksinasi dan antusias masyarakat untuk divaksin termasuk tertinggi. Saat ini capaian vaksin di Pekanbaru sudah mencapai 69,5 persen.

Baca juga: Status PPKM Kota Pekanbaru Turun Jadi Level 1, Berlaku Hingga 6 Desember

Walikota Pekanbaru, Firdaus menyebut dalam dua pekan ke depan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menargetkan masuk ke PPKM Level 1. "Kita targetkan Kota Pekanbaru masuk dalam PPKM level 1 dalam dua pekan ini," sebutnya, Rabu (6/10/2021).

Walikota Pekanbaru, Firdaus sampaikan tim satgas juga siap mengikuti instruksi dari Menteri Dalam Negeri RI terkait aktivitas dalam PPKM level 2. "Kita berupaya agar dalam dua pekan mendatang bisa masuk dalam PPKM level 1," sebut Firdaus.

Tetapi, di PPKM Level 2 ini sekolah lebih dilonggarkan, yakni menambah jam belajar tatap muka, yang sebelumnya cuma 2 jam menjadi 4 jam.

Baca juga: Pangdam I Bukit Barisan Tinjau Pengecoran Akhir Makorem 031/WB, Wagubri Sebut Proses Pengerjaan Lamban

Dirinya menerangkan penambahan waktu jam belajar itu adalah total lama waktu di sekolah mulai dari masuk sekolah, proses belajar mengajar, serta jam istirahat.

Walikota juga mengimbau agar sekolah yang sudah menerapkan belajar tatap muka, untuk tetap menerapkan disiplin tinggi protokol kesehatan (prokes) supaya tidak menambah klaster baru kasus Covid-19.

Maka itu masyarakat selain ikut vaksin Covid-19 juga harus tetap waspada dengan selalu menerapkan prokes. Senantiasa memakai masker selama masih pandemi virus corona, tetap menjaga jarak, menjauhi kerumunan, memakai masker, serta sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.


Informasi Anda Genggam


Loading...