Ndakasi, si Gorila Yatim Piatu yang Jadi Viral Setelah Berfoto Dengan Penjaga Taman, Meninggal di Usia 14 Tahun

Devi
Jumat, 08 Oktober 2021 | 11:10 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet

RIAU24.COM -  Pada tahun 2019, Ndakasi, seekor gorila gunung yang sempat viral karena berfoto selfie dengan seorang penjaga di taman nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo, telah meninggal pada usia 14 tahun setelah lama sakit.

Foto tersebut menunjukkan foto dua gorila berpose untuk selfie dengan dua penjaga di Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo. 

Itu menjadi viral di media sosial saat itu.

Selfie dua gorila ini dengan santai berpose dibagikan oleh banyak orang termasuk petugas Dinas Kehutanan India (IFS) Parveen Kaswan yang telah membagikannya di Twitter pada Hari Ranger Sedunia tahun lalu.

Baca juga: Pilu, Ibu Ini Ceritakan Bagaimana Balitanya Mati Lemas setelah Terhimpit Furnitur

Dua gorila bernama Ndakasi dan Matabishi, itu menjadi sensasi internet sejak saat itu. Namun, gorila yang menggemaskan itu kembali viral tetapi karena alasan yang sangat menyedihkan. Ndakasi meninggal dunia pada usia 14 tahun. 

Sebuah gambar mengerikan dibagikan di Instagram oleh Taman Nasional Virunga di Kongo timur di mana Ndakasi terlihat berbaring di pelukan teman dan pengasuhnya Andre Bauma, yang juga muncul di foto terkenal itu.

Unggahan tersebut berbunyi: "Dengan kesedihan yang mendalam, Virunga mengumumkan kematian gorila gunung yatim piatu tercinta, Ndakasi, yang telah berada di bawah perawatan Senkwekwe Center Taman selama lebih dari satu dekade. Pada malam hari tanggal 26 September, setelah penyakit yang berkepanjangan di mana kondisinya memburuk dengan cepat, Ndakasi mengembuskan napas terakhirnya dalam pelukan penuh kasih dari pengasuh dan teman seumur hidupnya, Andre Bauma."

Gambar tersebut telah disukai lebih dari 31.000 kali sejak dibagikan kemarin (5 Oktober) dengan orang-orang yang menumpuk di kotak komentar untuk menyampaikan belasungkawa mereka kepada Tuan Bauma dan anggota tim lainnya di taman. 

Baca juga: Ibu Ini Ceritakan Bagaimana Bayinya Tak Sengaja Telan Baterai Kancing, Peringatkan Para Orang Tua

Seorang pengguna mengatakan: "Sangat sedih mendengar berita tragis Anda tentang kehilangan Ndakasi. Terima kasih banyak Andre karena telah menjaganya & sangat mencintainya. Anda adalah seorang Malaikat."
Yang lain berkomentar: "Lebih dari persahabatan. Cinta. Dia akan dirindukan oleh banyak orang. Belasungkawa tulus saya."

Pada saat selfie menjadi viral, situs web taman itu menjelaskan bahwa situs tersebut telah 'sangat' terkena dampak perang dan konflik bersenjata selama dua dekade terakhir.

"Virunga dilindungi oleh tim khusus yang terdiri lebih dari 600 penjaga hutan," kata situs web tersebut.

"Pria dan wanita lokal ini menjalani pelatihan intensif, mempertaruhkan hidup mereka setiap hari untuk melindungi satwa liar taman yang luar biasa, termasuk gorila gunung terakhir yang terancam punah di dunia."


Informasi Anda Genggam


Loading...