Percaya atau Tidak, Gaya Tidur Ternyata Bisa Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

M. Iqbal
Sabtu, 09 Oktober 2021 | 09:12 WIB
Foto : Ilustrasi R24/ibl Foto : Ilustrasi

RIAU24.COM - MENURUNKAN berat badan dan membakar lemak bukanlah hal yang mudah karena bisa menjadi kenyataan dengan menjaga nutrisi, olahraga, pola makan serta mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Namun, ada satu hal yang mungkin tidak kita duga tapi bisa membantu membakar lemak, terutama di bagian perut, yaitu gaya tidur. Siapa bilang tidur atau berbaring tidak bisa membantu menurunkan berat badan? Namun perlu diingat bahwa ini saja tidak cukup jika hal lain tidak dilakukan termasuk menjaga nutrisi dan olahraga

Berikut beberapa posisi tidur yang bisa dicoba agar lemak perut bisa berkurang.

Baca juga: Menurut Studi, Diet Model Ini Berpotensi Turunkan Hipertensi

1. Berbaring

Posisi tengkurap umumnya dianggap sebagai gaya tidur yang tidak sehat karena efeknya dapat memberikan tekanan pada tulang belakang yang terdapat banyak titik saraf. Selain itu, posisi tersebut bisa memicu rasa sakit di seluruh tubuh, baik di persendian, punggung, atau leher. Namun, para peneliti percaya bahwa posisi tidur dapat memberikan tekanan ekstra pada perut dan mencegah penumpukan lemak berlebih.

Agar tidak mengganggu kesehatan, Anda juga bisa melakukan kombinasi gaya tidur dengan berbaring selama dua jam sebelum mengganti gaya tidur miring ke kiri atau ke kanan. Ini membantu mencegah gangguan pernapasan dan penyumbatan aliran darah.

2. Posisi terlentang

Tidur dalam gaya terlentang dianjurkan karena Anda berbaring dalam posisi horizontal dengan kaki lurus. Bagi yang sering mengalami nyeri pada punggung, lutut dan kaki - tidur dengan gaya terlentang sangat dianjurkan. Selain baik untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik, juga baik untuk menghambat pertumbuhan lemak di perut.

Saat dalam posisi terlentang, sistem dalam tubuh akan mengubah semua makanan dan minuman yang diambil sebagai energi dan mendorong lemak menghilang.

3. Ke arah kiri

Meskipun gaya ini dapat membantu membakar lemak di perut, namun juga dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan kesehatan usus. Saat tubuh dalam keadaan condong ke kiri, makanan yang sudah dicerna di usus halus lebih mudah masuk ke usus besar sehingga bisa merangsang buang air besar di pagi hari dengan lebih mudah.

Baca juga: Waspada Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Ini Akibat yang Akan Terjadi Menurut dr. Zaidul Akbar

Sementara itu, ada beberapa cara lain yang disarankan untuk membantu membakar lemak di perut.

1. Pastikan untuk mengubah posisi tidur setiap beberapa jam agar tetap nyaman dan tidur tidak terganggu.
2. Konsumsi makanan dan minuman yang dapat memperlancar pencernaan tiga jam sebelum tidur.
3. Hindari makanan berat, minuman manis dan merokok sebelum tidur. Kebiasaan itu bisa memperburuk metabolisme tubuh Anda.
4. Usahakan untuk menghindari tidur di siang hari. Alihkan perhatian Anda ke aktivitas yang membuat Anda tetap aktif bergerak. Tidur siang dapat menyebabkan insomnia yang dapat mengganggu metabolisme.
5. Jangan hanya mengandalkan posisi tidur, pastikan Anda tetap berolahraga secara teratur selain membatasi asupan kalori harian Anda.


Informasi Anda Genggam


Loading...