Inilah Negara dengan Penduduk Paling Sedikit di Dunia

Amerita
Senin, 11 Oktober 2021 | 22:24 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi

RIAU24.COM - Ada negara-negara di dunia yang berpenduduk jutaan, bahkan ratusan juta. Tetapi ada juga negara-negara yang populasinya sedikit. 

Negara-negara ini memiliki ruang yang sangat terbatas, yang berarti tidak terlalu banyak tempat di mana orang dapat tinggal dan bekerja. 

Baca juga: Kamu Suka Warna Biru? Ternyata Ini yang Terbaca dalam Karaktermu


Inilah negara dengan penduduk paling sedikit di dunia.

1. Vatikan

Kota Vatikan , markas besar Gereja Katolik Roma, adalah negara berpenduduk paling sedikit di Bumi. Hanya 825 orang yang tinggal di Vatikan. 

Kebanyakan dari mereka adalah pendeta dan biarawati dari berbagai belahan dunia. Vatikan dikelilingi di semua sisi oleh kota Roma, ibu kota Italia. 

Meskipun ukurannya kecil, bagaimanapun, Vatikan cukup kaya. Faktanya, Bank Vatikan memiliki aset senilai $8 miliar. Pariwisata juga membawa banyak pendapatan ke negara kecil itu.

Baca juga: Terungkap! 3 Miliar Orang Saat Ini Tak Pernah Sekalipun Mengakses Internet, Kenapa?


2. Tuvalu

Negara berpenduduk paling sedikit kedua di dunia adalah negara pulau terpencil di Pasifik Selatan yang dikenal sebagai Tuvalu. 

Tuvalu adalah kepulauan pulau kecil di wilayah Polinesia, sekitar 1.000 km sebelah utara Fiji dan sekitar 2.000 km sebelah timur Kepulauan Solomon. 

Negara ini hanya memiliki 11.650 orang yang tinggal di dalamnya. Luas tanah Tuvalu hanya 26 km persegi. Dan jumlah ini menyusut karena naiknya permukaan air laut. Bahkan, ada slogan lokal di negara ini, “Tuvalu sedang tenggelam.”

Negara dengan populasi paling sedikit berikutnya diikuti oleh Nauru, Palau, San Marino, Liechtenstein dan Monako.
 


Informasi Anda Genggam


Loading...