5 Perubahan Gaya Hidup Kecil yang Dapat Anda Lakukan untuk Mempercepat Metabolisme Anda

Devi
Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:35 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet

RIAU24.COM -  Metabolisme dapat digambarkan sebagai proses di mana tubuh mengubah apa yang Anda makan dan minum dalam sehari menjadi energi. Ini adalah reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh kita. Tingkat metabolisme dan metabolisme sering digunakan secara bergantian. 

Tingkat metabolisme Anda menentukan jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda. Tetapi metabolisme Anda mengatur lebih dari sekadar tingkat metabolisme Anda. Ini juga menjaga semuanya tetap seimbang – seperti gula darah, kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah Anda. 

Jika tingkat metabolisme Anda tinggi, Anda secara otomatis membakar lebih banyak kalori dan pembakaran kalori akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Jika tingkat metabolisme Anda lambat, maka berikut adalah 5 perubahan gaya hidup kecil yang dapat Anda lakukan dalam rutinitas harian Anda untuk mempercepat metabolisme Anda.

Baca juga: Selain Kesehatan, Inilah Alasan Lain Untuk Tidak Makan Pizza dan Burger

  • Makan lebih banyak protein dan serat : Protein dapat membantu Anda membangun otot sedangkan serat akan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. Menambahkan kedua elemen ini ke dalam diet harian Anda akan meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses penurunan berat badan Anda.
     
  • Selalu terhidrasi: Jika Anda sedang dalam upaya menurukan berat badan, Anda pasti pernah mendengar bahwa seseorang harus meminum delapan gelas air per hari. Tetap terhidrasi adalah penting karena ketika Anda minum air, Anda mengisi kembali persediaan Anda. Tanpa air, tubuh Anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Anda juga bisa menambahkan jus sayuran, limun, atau air kelapa karena tanpa H2O yang cukup, metabolisme Anda bisa terhenti.

Baca juga: 5 Pengobatan Rumahan yang Dapat Membantu Anda Menenangkan Nyeri Menstruasi

  • Olahraga: Dengan pandemi dan budaya kerja dari rumah, kita duduk lebih lama dari biasanya. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat menghambat kesehatan Anda dalam banyak hal, juga dapat memperpendek umur Anda. Berolahraga dengan beban adalah strategi yang bagus untuk menjaga metabolisme Anda agar tidak melambat. Latihan kekuatan telah terbukti meningkatkan tingkat metabolisme pada orang sehat, serta mereka yang memiliki penyakit jantung atau kelebihan berat badan atau obesitas.
     
  • Jam tidur : Tidur sangat penting untuk kesehatan yang baik. Tidur lebih sedikit dari yang Anda butuhkan dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan depresi. Sangat penting bagi Anda untuk tidur setidaknya selama 6-8 jam untuk meremajakan tubuh Anda.
     
  • Makanan Pedas : Tahukah Anda bahwa makan makanan pedas dapat membantu metabolisme Anda. Menurut sebuah penelitian, capsaicin (juga ditemukan dalam lada) bila dikonsumsi dalam jumlah kecil dapat membantu Anda membakar 10 kalori lebih banyak per makanan. Sebuah laporan di Times of India mengatakan, ”efek penambahan rempah-rempah ke dalam makanan Anda tidak terlalu signifikan. Meskipun itu dapat menghasilkan sedikit keuntungan ketika dikombinasikan dengan strategi peningkatan metabolisme lainnya. ”

Dengan memasukkan 5 perubahan gaya hidup ini dalam rutinitas harian Anda, Anda dapat meningkatkan metabolisme Anda. 

 


Informasi Anda Genggam


Loading...