Potret Presiden Soekarno Disambut Hangat Paus Paulus VI

Riki Ariyanto
Jumat, 15 Oktober 2021 | 09:45 WIB
Potret Presiden Soekarno Disambut Hangat Paus Paulus VI (foto/int) R24/riki Potret Presiden Soekarno Disambut Hangat Paus Paulus VI (foto/int)
Bea Cukai

RIAU24.COM - Kharisma Presiden Soekarno tidak hanya terasa di Indonesia. Bahkan luar negeri, gaung nama Soekarno tak kalah besar.

Akun instagram @koleksi_sejarah_indo sempat membagikan kunjungan Presiden Soekarno ke Negara Vatikan. Kedatangan ayah dari Megawati Soekarnoputri itu disambut langsung Paus Paulus VI.

"Foto asli. Presiden Sukarno berkunjung Vatican dan menerima hadiah (sebuah mozaik) dari Pope Paul VI (Paus Paulus VI), Oktober 1964," tulis caption @koleksi_sejarah_indo beberapa waktu lalu.

Baca juga: Viral! Netizen Bandingkan Pesulap merah dan Buya Yahya Dalam Membongkar Praktek Perdukunan

Sebagai informasi kedatangan orang nomor satu di RI itu ke Vatican untuk ketiga kalinya. Dilansir dari berbagai sumber Soekarno kemudian dihadiahi Grand Cross of The Pian Order.

Baca juga: Waspada! Pempek Ikan Busuk Dijual di Emperan Kaki Lima Jawa Barat

Sesuai dengan foto itu Soekarno senantiasa memakai baju kebesarannya, paduan peci hitam, jas putih, dan dasi hitam. Vatikan menghargai Soekarno sebab dianggap bersahabat dan bersikap baik dengan umat Katolik di Indonesia. 

Selain mendapat cenderamata lukisan mozaik Castel San Angelo Vatikan, juga diterbitkan perangko khusus.

Alasan Soekarno mengunjungi Vatikan tak lepas dari rasa persahabatan. Sebab bersama Mesir, Vatikan disebut sebagai negara pertama yang mengakui kedaulatan kemerdekaan Indonesia.


Informasi Anda Genggam


Loading...