Berhasil Memecahkan Rekor, Ikan Mola-mola Seberat 2 Ton Berhasil Ditemukan di Lepas Pantai Ceuta

Devi
Sabtu, 16 Oktober 2021 | 15:18 WIB
Foto : Aljazeera R24/dev Foto : Aljazeera

RIAU24.COM -  Ahli biologi kelautan Enrique Ostale tidak bisa mempercayai matanya ketika dia melihat ikan mola-mola yang sangat besar tersangkut di jaring kapal penangkap ikan tuna di lepas pantai Mediterania Ceuta awal bulan ini.

Ikan mola-mola mammoth, spesies yang tergolong rentan dan tidak dimakan di Eropa, memiliki panjang 3,2 meter, lebar 2,9 meter, kata Enrique Ostale dalam sebuah wawancara pada hari Kamis.

Baca juga: Tersedak Anggur, Bocah Berusia 5 Tahun Ini Dilarikan ke Rumah Sakit



Temuan itu, yang dipanggilnya untuk dinilai, merupakan rekor untuk daerah yang, karena pola migrasi pasang surut dan mola-mola, tidak kekurangan pertemuan semacam itu.

"Kami mencoba menempatkannya pada skala 1.000 kg tetapi terlalu berat. Itu akan merusaknya," kata Ostale, yang mengepalai Lab Biologi Kelautan Universitas Seville di daerah kantong Spanyol Ceuta di pantai utara Afrika.

"Berdasarkan kegemukannya dan dibandingkan dengan tangkapan lain, beratnya pasti sekitar 2 ton (4.409 lb)."

Ikan itu pertama kali diisolasi di ruang bawah air yang melekat pada perahu sebelum diangkat ke atas menggunakan derek, di mana ia tinggal selama beberapa menit sementara Ostale dan rekan-rekan ahli biologinya melakukan pengukuran, foto, dan sampel DNA.

Baca juga: Kisah Menginspirasi Langar Baba Chandigarh, Memberi Makan Ribuan Orang Lapar Sampai Kematiannya



Dengan kulit abu-abu gelap, lekukan bulat di sisi-sisinya, dan kepala besar yang tampak seperti prasejarah, spesimen khusus ini kemungkinan besar adalah mola alexandrini, salah satu subspesies dari genus mola mola, yang memiliki sirip punggung bergigi rintisan yang khas.

"Saya tercengang. Kami telah membaca tentang orang-orang seperti itu ... tetapi tidak pernah berpikir kami akan benar-benar menyentuh suatu hari nanti," kata Ostale.

"Tapi itu juga membuat stres: Anda berada di atas kapal di tengah air, ada seekor bangau yang bergerak dengan sangat berat, seekor hewan hidup. Kami tidak bisa membuang waktu dan harus menghindari kecelakaan."

Tetapi ikan itu dipindahkan dan dikembalikan ke air dengan lancar, keduanya pada 4 Oktober, yang melegakan para nelayan dan ilmuwan di atas kapal, yang menyaksikan makhluk itu menghilang dengan cepat ke kedalaman 700 meter dari rumahnya.







Rekor Dunia Ikan
Informasi Anda Genggam


Loading...