Haruskah Anda Minum Teh Hijau di Malam Hari atau Tepat Sebelum Tidur? Inilah Yang Perlu Anda Ketahui

M. Iqbal
Minggu, 17 Oktober 2021 | 20:51 WIB
Foto : Internet R24/ibl Foto : Internet

RIAU24.COM -  Teh hijau diketahui memiliki manfaat bergizi dan sehat. Orang-orang lebih suka minum teh hijau bahkan di malam hari akhir-akhir ini. 

Komponen yang ada di dalamnya menampilkan semua manfaat kesehatan dari minum teh hijau di malam hari. Namun, itu mungkin tidak berguna untuk semua orang.

Dilansir dari India.com yang berbicara dengan Kavita Devgan, ahli gizi terkenal, pembicara dan penulis tentang manfaat minum teh hijau sebelum tidur.

Kavita berkata, “Teh hijau memiliki jumlah kafein paling sedikit dibandingkan dengan semua minuman lain yang digabungkan bersama seperti kopi dan teh. Teh biasa memiliki lebih banyak kafein dan kopi memiliki lebih banyak lagi. Karena teh hijau memiliki lebih sedikit kafein, itu tidak akan mengganggu tidur Anda. Bagi sebagian orang, teh hijau membantu tidur lebih nyenyak.”

Baca juga: Selain Kesehatan, Inilah Alasan Lain Untuk Tidak Makan Pizza dan Burger



Apa Manfaat Teh Hijau?

Berasal dari daun tanaman camellia sinensis , teh hijau kaya akan komponen kesehatan dan tanaman. 

Teh hijau diketahui memiliki kandungan :

Katekin: Kehadiran katekin membuat teh hijau menjadi properti medis yang kuat. Ini termasuk antioksidan seperti epigallocatechin gallate (EGCGC) dan epigallocatechin (EGC).

Kafein: Hal ini ditemukan dalam kopi, coklat dan teh lainnya juga. Ini membantu dalam mempromosikan fungsi sel saraf, meningkatkan suasana hati, waktu reaksi dan memori.

Asam amino: Theanine, asam amino hadir dalam teh hijau. Ini membantu dalam meningkatkan fungsi otak, mengurangi stres dan mendorong relaksasi.

Apa Pengaruh Teh Hijau pada Tidur?

Teh hijau adalah pendukung setia kualitas dan kuantitas tidur. Theanine membantu mendorong tidur dengan teh hijau. Bersamaan dengan ini, ini membantu mengurangi stres dan membuat otak Anda rileks.

Menurut Healthline , penelitian menyatakan bahwa minum 3-4 cangkir teh hijau rendah kafein dapat mengurangi kelelahan dan stres. Selain itu, ini juga membantu dalam meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: 5 Pengobatan Rumahan yang Dapat Membantu Anda Menenangkan Nyeri Menstruasi



Amankah Minum Teh Hijau Sebelum Tidur?

Pertanyaan tentang minum teh hijau sebelum tidur tetap sama. Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa teh hijau hanya boleh dikonsumsi pada malam hari.

Namun, beberapa orang menghindari minum teh hijau di malam hari. Kandungan kafein di dalamnya dapat menimbulkan kewaspadaan, gairah dan mengurangi rasa lelah. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan untuk tertidur.

Seiring dengan itu, minum cairan sebelum tidur dapat meningkatkan kebutuhan Anda untuk buang air kecil di malam hari. Istirahat ke toilet dapat mengganggu tidur Anda dan dapat membuat Anda merasa lelah keesokan harinya.

Pada akhirnya, teh hijau memberikan berbagai manfaat kesehatan. Ini juga memberikan kualitas tidur yang baik.

Namun, minum teh hijau dua jam sebelum tidur bisa membuat Anda sulit tidur. Sering ke kamar kecil juga dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Oleh karena itu, Anda dapat menjadwalkan sesi teh hijau pada siang dan malam hari. Dengan melakukan ini, Anda dapat memetik manfaat teh hijau secara maksimal tanpa mengganggu jadwal tidur Anda.


Informasi Anda Genggam


Loading...