Saking Damainya Negara-negara Ini, Polisi Tidak Dipersenjatai Pistol

Amerita
Senin, 18 Oktober 2021 | 13:59 WIB
ilustrasi polisi Islandia R24/ame ilustrasi polisi Islandia
Bea Cukai

RIAU24.COM - Di Irlandia, Norwegia, Islandia, dan Selandia Baru, petugas polisi tidak bersenjata saat berpatroli. Polisi hanya dilengkapi dengan senjata api dalam keadaan khusus. 

Ini adalah strategi yang tampaknya bekerja dengan sangat baik untuk negara-negara ini. Petugas polisi di sana telah menyelamatkan nyawa justru karena mereka tidak menembak.

Baca juga: Rekomendasi Drama Korea Terbaik Bulan Juli, Beserta Sinopsisnya


“Praktek ini berakar pada tradisi dan keyakinan bahwa mempersenjatai polisi dengan senjata menimbulkan lebih banyak kekerasan senjata daripada mencegahnya,” kata Guðmundur Oddsson, asisten profesor sosiologi di Universitas Michigan Utara.

Ketika polisi menembak seorang pria di Islandia pada 2013, itu adalah kali pertama polisi menggunakan senjata api mereka dan membunuh seseorang dalam sejarah negara ini.

Namun, sepertiga dari populasi negara itu dipersenjatai dengan senapan untuk tujuan berburu, menjadikannya negara per kapita paling bersenjata ke-15 di dunia. Meskipun demikian, kejahatan sangat jarang terjadi.

Baca juga: Tata Cara Sholat Taubat, Lengkap Dengan Bacaan Tasbih Sujud dan Waktu Pelaksanaannya


Sementara di Irlandia, sebagian besar petugas polisi bahkan tidak terlatih menggunakan senjata api, bahkan mereka tidak akan tahu cara menggunakan senjata jika mereka diancam. 

Menurut situs penelitian yang disponsori PBB, hanya 20 hingga 25 persen petugas polisi Irlandia yang memenuhi syarat untuk menggunakan senjata api.

 

 


Informasi Anda Genggam


Loading...