DPP Rencanakan Musdalub ASITA Riau Menggantikan Ketua DPD yang Beralih ke ASITA 71

Riki Ariyanto
Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:54 WIB
DPP Rencanakan Musdalub ASITA Riau Menggantikan Ketua DPD yang Beralih ke ASITA 71 (foto/int) R24/riki DPP Rencanakan Musdalub ASITA Riau Menggantikan Ketua DPD yang Beralih ke ASITA 71 (foto/int)
Bea Cukai

RIAU24.COM - Kisruh kemunculan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau ASITA 71 yang diketuai Artha Hanif berdampak ke daerah. Banyak anggota Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) di daerah yang awalnya dibawah DPP yang Diketuai Nunung Rusmiati kemudian pindah haluan.

Termasuk di DPD ASITA Riau, disebut ketuanya sudah menyatakan mundur dan memilih gabung ASITA 71 yang diketuai Artha Hanif. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPP ASITA Bidang Kelembagaan dan Pemerintah DPP ASITA Dede Firmansyah, Selasa (19/10/2021).

Maka itu kata Dede Firmasnyah dalam waktu dekat akan mengupayakan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) untuk kepengurusan baru. Namun sebelum itu DPP ASITA terlebih dahulu akan menunjuk Plt Ketua DPD ASITA Riau, menjelang Musdalub diselenggarakan.

Baca juga: Dukung Pendidikan, IZI Riau Berikan Bantuan Sarana dan Prasarana ke Sekolah Alam CEFA

“Sebelum diadakan Musdalub, memang terlebih dahulu DPP ASITA akan menunjuk Plt Ketua DPD ASITA Riau setelah pengunduran diri Ketua DPD sebelumnya. Dan kita meminta Ketua Asita Riau saat ini menyerahkan surat pengunduran dirinya ke DPP karena sudah mundur untuk gabung ASITA 71,” sebut Dede, Selasa (19/10/2021).

Dede menambahkan, Musdalub memang harus segera diambil setelah munculnya dualisme kepengurusan ASITA, maka itu agar DPD ASITA Riau tak mengalami kekosongan pemimpin diambil langkah lanjut. Namun untuk waktu Musdalub diselenggarkaan, Dede Firmansyah masih belum bisa memastikan.

Baca juga: Bupati Kampar Apresiasi Reaksi Cepat PTPN V Bantu Korban Banjir Kasikan

“Kami masih akan berkomunikasi dengan Ketua DPP ASITA, makanya terkait waktu belum bisa ditentukan. Namun yang paling urgen adalah menetapkan Plt Ketua DPD dan menyegerakan Musdalub,” ujar Dede yang pernah menjabat Ketua Asita Riau periode 2016-2020.

Dede Firmansyah berharap persoalan yang terjadi di internal ASITA segera selesai, termasuk terhadap upaya hukum sudah dilakukan. 

Mengenai pengunduran diri Ketua DPD ASITA yang terpilih 20 Agustus 2020 itu kata Dede Firmansyah masih disampaikan secara lisan. Namun DPP ASITA masih menunggu surat pengunduran diri secara tertulis sebagai administratif.

“Untuk keputusan penunjukan Plt dan Musdalub tergantung dari DPP. Yang jelas untuk surat pengunduran diri dari Ketua DPD ASITA Riau yang memang harus didesak.” sebut Dede Firmansyah.


Informasi Anda Genggam


Loading...