Sempat Klaim Batik Dari Malaysia, Miss World Malaysia Minta Maaf, Begini Katanya

M. Iqbal
Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:01 WIB
Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji R24/ibl Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji

RIAU24.COM - Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji meminta maaf setelah menyebut batik sebagai budaya Malaysia. Dampak pernyataannya itu, Lavanya mendapat protes dari netizen Indonesia.

"Halo semuanya! Kepada para pageant lovers khususnya di Indonesia. Saya harap kalian semua dalam keadaan sehat. Pertama-tama, saya ingin meminta maaf jika saya telah menyinggung siapa pun atas unggahan saya ini," tulis Sivaji dilansir dari CNN Indonesia, Kamis, 21 Oktober 2021.

Baca juga: Chris Hemsworth Insekyur Para Fans Kehilangan Minat Padanya Kalau Terus-terusan Perankan Thor

"Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya," kata dia lagi.

Dia kemudian mengatakan jika sekarang tidak sedikit negara yang juga memiliki batik sebagai salah satu budayanya, termasuk Malaysia.

"Namun, tidak sedikit negara lain yang mempraktekkan unsur budaya tersebut antara lain Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motifnya masing-masing. Baik itu Malaysia, Indonesia atau negara lain, saya akan selalu merasa bangga memakai Batik," terangnya.

Baca juga: Inilah Gambar Matahari Paling Detail Yang Pernah Diambil Oleh Astrofotografer

Sivaji menutup permintaan maafnya itu dengan ucapan terima kasih karena merasa diingatkan untuk menghormati akar, budaya, dan tradisinya.

"Setiap kali saya memakai Batik, saya bisa merasakan kekuatan dari seorang wanita sejati. Kami memiliki kekuatan super. Kami adalah penyembuh. Kami adalah ibu," tambahnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...