Hindari dari Sekarang Jika Tak Ingin Menyesal Seumur Hidup, Ini Bahaya Minum Es Saat Haid

Rizka
Jumat, 22 Oktober 2021 | 08:38 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM - Menstruasi atau haid merupakan proses luruhnya dinding rahim karena tidak ada pembuahan sel telur oleh sperma. Setiap wanita memiliki panjang siklus menstruasi yang berbeda-beda, kadang kala bisa datang lebih cepat atau justru lebih lambat. Hal ini tergantung dari kondisi masing-masing wanita.

Saat Anda menstruasi lebih baik hindari minum es jika tidak ingin terima bahaya ini:

1. Menghentikan kontraksi rahim

Sebuah penelitian yang dikembangkan di China membuktikan bahwa minum es saat haid bisa menyebabkan kontraksi rahmi berhenti. Saat Anda sedang haid makan rahim terus melakukan gerakan kontraksi untuk melepaskan semua darah dari dinding rahim.

Baca juga: Selain Kesehatan, Inilah Alasan Lain Untuk Tidak Makan Pizza dan Burger

Ketika Anda minum es dan rahim tidak bekerja maka menyebabkan ada darah yang terus membeku dalam rahim.

2. Meningkatkan protensi kram

Rasa kram paling sering terjadi terjadi pada saat haid. Kram sering ditandai dengan nyeri yang parah dibagian bawah.Hal ini sebenarnya adalah reaksi yang normal karena rahim melakukan kontraksi yang sangat kuat untuk meluruhkan semua darah.

Tapi minum es bisa membuat gerakan rahim lebih cepat berhenti dan semua bagian darah di rahim tidak bisa keluar.

3. Menyebabkan peradagan

Jika Anda minum es atau es krim selama haid maka bisa membuat kondisi peradangan menjadi lebih parah. Hal ini disebabkan karena es krim atau es bisa menyebabkan meningkatnya proses pelepasan prostaglandin.

Jika terlalu banyak prostaglandin yang keluar maka peradangan dan kram akan menjadi lebih parah, Selain itu semua jenis es yang terbuat atau mengandung bahan susu sebaiknya juga dihindari karena bisa meningkatkan serangan kram yang lebih parah.

Baca juga: 5 Pengobatan Rumahan yang Dapat Membantu Anda Menenangkan Nyeri Menstruasi

4. Meningkatkan resiko tulang rapuh

Wanita memiliki hubungan yang sangat erat antara menstruasi dan masalah kesehatan tulang. Ketika wanita minum es saat menstruasi maka bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Wanita oaling tidak membutuhkan kalsium dengan jumlah minimal 800 mg per hari, dan jumlah itu tidak bisa dipenuhi jika terlalu banyak minum es.

Penyerapan kalsium yang rendah saat menstruasi juga sering menyebabkan nyeri haid dan kram yang parah.


Informasi Anda Genggam


Loading...