Wakil Bupati Siak Minta CSR PT. RAPP Lebih Memperhatikan Prinsip Kelestarian Lingkungan

Devi
Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:40 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet

RIAU24.COM -   Wakil Bupati Siak Husni Merza menghadiri ekspose dukungan penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT. RAPP), acara bertempat di Gedung Daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru, Jum'at (15/10/2021).

Pada rapat tersebut turut hadir Gubernur Riau Syamsuar, Direktur PT RAPP Sihol Haritonang serta jajaran, para Bupati di wilayah kerja PT. RAPP,  pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

"Kami mengucapkan terimkasih kepada PT. RAPP karena kami merasakan RAPP telah menyentuh banyak sisi, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) nya baik itu melalui peningkatan SDM, penanganan stunting dan perhatian dari sisi heritage,"ujarnya.

Baca juga: Hari Disabilitas Internasional: PTPN V Stimulus UMKM Difabel



Wabup juga berharap pemanfaat CSR PT. RAPP kedepannya dapat diarahkan selain untuk mengentaskan angka kemiskinan, juga pendampingan usah ekonomi kreatif terus mendorong peningkatan SDM para guru di Kabupaten Siak.

Termasuk bagaimana setiap perusahaan yang ada di Kabupaten Siak mendukung program "Siak kabupaten Hijau" termasuk PT. RAPP melalui program CSR-nya. Pemanfaatan lahan gambut untuk budi daya ikan gabus yang sesuai dengan visi Siak Hijau yakni untuk menerapkan prinsip kelestarian dan keberlanjutan dalam pemanfaatan sumber daya alam sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Laboratorium Inovasi Siak (LIS) yang dikelola oleh PT. Alam Siak Lestari telah melakukan riset hasilnya meyakini, bahwa kualitas ekosistem gambut yang terjaga bisa membuat perkembangan spesies ikan gabus lebih sehat, juga mengandung protein sangat tinggi.

Baca juga: PPID Kabupaten Siak Raih Predikat Menuju Informatif



"Karena itu kami ingin bagaimana kedepan  menginterfensi pemerintah kampung yang berada di wilayah operasional perusahaan agar mengembangkan budidaya ikan gabus di lahan gambut. Dari pada mereka merambah lahan gambut mendingan merek kita arahkan ternak ikan gabus, karena perusahan ini sangat meperhatikan rantai pasok bahan baku, tidak menerima ikan dari alam melainkan ikan budidaya, karena itu ikan gabus saat ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi,"ungkap Wakil Bupati Siak.

Perusahaan ini memanfaatkan lahan gambut untuk budi daya ikan gabus yang sesuai dengan visi Siak Hijau yakni untuk menerapkan prinsip kelestarian dan keberlanjutan dalam pemanfaatan sumber daya alam sebesar-besarnya bagi masyarakat.

"Laboratorium Inovasi Siak, milik PT. Alam Siak Lestari, perusahaan ini bergerak memproduksi ekstrak ikan gabus menjadi albumin yang berkhasiat untuk kesehatan.Di kalangan masyarakat kita daging ikan gabus bisa sebagai obat penyembuh luka seperti persalinan dan operasi. Ini lah yang menjadi harapan kami Ini, nanti kita coba singkronkan, Kami tinggal menunggu RAPP bisa hadir ke Siak untuk membahas lebih lanjut rencana ini,"pintanya.


Informasi Anda Genggam


Loading...