Presiden Jokowi Bocorkan Empat Calon Ketua Badan Otorita Ibu Kota Baru, Nama Ahok Masuk Diantaranya

Riki Ariyanto
Senin, 25 Oktober 2021 | 18:29 WIB
Presiden Jokowi Bocorkan Empat Calon Ketua Badan Otorita Ibu Kota Baru, Nama Ahok Masuk Diantaranya (foto/int) R24/riki Presiden Jokowi Bocorkan Empat Calon Ketua Badan Otorita Ibu Kota Baru, Nama Ahok Masuk Diantaranya (foto/int)

RIAU24.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membocorkan empat nama calon ketua Badan Otorita Ibu Kota Baru. Seperti diketahui Ibu Kota baru pengganti DKI Jakarta itu berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Otorita adalah sebuah jabatan setingkat menteri yang bertanggung jawab pada pengelolaan ibu kota baru tersebut.  Presiden memiliki hak prerogatif untuk menentukan orang yang menduduki jabatan tersebut.

Dilansir dari Tempo, empat nama yang Presiden Jokowi sebut beberapa waktu lalu yaitu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Tumiyana, Bambang Brodjonegoro, dan Azwar Anas.

Baca juga: Ini Jawaban Golkar Usai Hasto Kristyanto Sebut Koalisi Indonesia Bersatu Menganggu

Berikut sekilas profil Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok. BTP mulai dikenal luas oleh publik semenjak dirinya mendampingi Jokowi sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Sebelumnya BTP adalah Bupati Belitung Timur dan Anggota DPR RI. Ahok dikenal publik sebagai politikus yang keras dan tegas dan tidak segan untuk memarahi bawahannya di hadapan umum. Sedangkan Jokowi saat itu sudah selesai mengemban amanah jadi Walikota Solo selama dua periode.

Baca juga: Ini Tanggapan Daerah Usai Ketum Airlangga Perintahkan Kader Agar Segera Jalin Kerja Sama dengan PPP dan PAN

Kemudian Jokowi dan Ahok maju dan pada waktu itu didukung oleh Prabowo Subianto, Ketua Umum (Ketum) Gerindra. Hasilnya Jokowi-Ahok terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Lalu karir Ahok naik menjadi Gubernur DKI Jakarta, setelah Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla terpilih sebagai Presiden RI ke-7 periode 2014-2019.

Tetapi pada 2017 karier politik Ahok meredup sebab tersandung kasus penistaan agama. Setelah masalah hukum itu selesai, Ahok dipilih untuk menjabat sebagai Komisaris Utama (Komut) Pertamina hingga sekarang.


Informasi Anda Genggam


Loading...