Apakah Anda Berusia 30-an, Ikuti Tips Kecantikan Ini Untuk Menghindari Penuaan Dini

Devi
Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:20 WIB
Foto : India.com R24/dev Foto : India.com
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Seiring bertambahnya usia, kulit kita cenderung menjadi kurang elastis, lebih berpigmen, dan rapuh karena hilangnya elastin dan kolagen secara bertahap di sel-sel kulit. Penurunan produksi minyak di kulit dengan penuaan intrinsik menyebabkan kulit kering, garis-garis halus, dan kerutan. 

Lingkaran hitam, jerawat, dan kulit kusam menjadi umum karena ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu, seseorang perlu merawat kulit mereka secara ekstra di usia 30-an untuk menunda tanda-tanda penuaan dan mengatasi masalah kulit orang dewasa.

Baca juga: Sering Mual? Ikuti Kiat-kiat Berikut Ini untuk Bantu Mencegah dan Menguranginya

Tips Perawatan Kulit Untuk Diikuti di Usia 30-an

Berikut adalah beberapa tips perawatan kulit yang harus diikuti seseorang di usia 30-an untuk menjaga kulit tetap sehat, montok, dan ternutrisi sepanjang waktu.

Tetap terhidrasi
Minum air dalam jumlah yang cukup dan mengoleskan pelembab yang menghidrasi pada kulit dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Selain itu, hidrasi yang cukup dalam sel-sel kulit mencegah produksi minyak yang berlebihan, yang menyebabkan jerawat dan masalah peradangan lainnya. Retinoid, Vitamin C, asam hialuronat, asam glikolat, asam hidroksi, koenzim Q10, peptida, ekstrak teh, ekstrak biji anggur, dan niacinamide adalah beberapa bahan aktif yang harus diperhatikan saat membeli pelembab. Bahan-bahan ini meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Pelembab juga dapat melindungi lapisan kulit dari kerusakan lingkungan yang menyebabkan penuaan dini.

Lakukan eksfoliasi secara teratur
Pengelupasan kulit dua kali seminggu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengungkapkan sel-sel yang lebih sehat dan lebih baru di bawahnya, yang dapat membantu mencerahkan warna kulit dan mengurangi jerawat. Selain itu, menghilangkan sel kulit mati dengan pengelupasan kulit membantu proses regenerasi alami tubuh dan pergantian sel. Pengelupasan fisik dengan bahan-bahan seperti kenari, aprikot, garam laut bekerja sebagai abrasif untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati . Menggosok kulit dengan gerakan melingkar juga meningkatkan aliran darah dan mengencangkan kulit. Pengelupasan jangka panjang meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Jangan Lewatkan Tabir Surya
Sinar UV adalah penuaan lambat yang dapat membahayakan kulit, menyebabkan penyamakan, bintik matahari, dan memperburuk produksi minyak. Oleh karena itu, memakai perlindungan SPF sangat penting untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi pigmentasi. Namun, pastikan untuk memilih tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan memberikan perlindungan sinar matahari yang memadai. Tabir surya fisik, juga dikenal sebagai tabir surya adalah pilihan terbaik untuk melindungi dari sinar matahari karena cenderung menambah lapisan perlindungan pada kulit dan mengurangi risiko pigmentasi. Pilih tabir surya fisik dengan bahan aktif seperti seng dan titanium dioksida untuk menangkis dan menyebarkan sinar UV dari kulit.

Makan Diet Seimbang
Jenis makanan yang kita makan cenderung berdampak langsung pada kulit kita. Makan makanan yang sehat dan bergizi akan membuat kulit bercahaya dan ternutrisi karena fungsi kekebalan tubuh yang sehat melindungi pelindung kulit dari radikal bebas. Sertakan makanan yang mengandung asam lemak esensial dalam diet Anda untuk menjaga kulit tetap montok dan halus, makanan kaya vitamin C untuk kulit cerah, dan buah-buahan dan sayuran berwarna untuk meningkatkan produksi kolagen. Namun, batasi konsumsi makanan yang digoreng, roti tawar, daging olahan, produk susu, kafein, gula, dan alkohol karena dapat mempercepat proses penuaan tubuh.

Baca juga: Proses Terbentuknya Batu Ginjal dan Faktor Penyebabnya

Hapus Riasan Sebelum Tidur
Tidak peduli seberapa lelahnya Anda setelah seharian bekerja, pembersihan ganda penting untuk menghilangkan sisa riasan. Jika riasan menempel di wajah selama berjam-jam, bakteri dapat berkembang dan menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Gunakan penghapus riasan berbahan dasar air untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat dan penghapus rias berbahan dasar minyak untuk jenis kulit kering. Pastikan untuk menerapkan lapisan pelembab yang tebal untuk meningkatkan hidrasi dan memperbaiki kerusakan kulit dalam semalam.

Ambil Suplemen
Kadang-kadang bahkan diet seimbang tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Oleh karena itu, mulailah mengonsumsi suplemen yang bermanfaat bagi kulit dan membuat kulit tampak bercahaya dan awet muda. Anda bisa mengonsumsi suplemen Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, minyak ikan omega-3, zinc, dan kolagen untuk menjaga elastisitas dan mengurangi tanda-tanda penuaan .

Nikmati Aktivitas Fisik
Jaga agar tubuh tetap bugar dan aktif dengan olahraga teratur, lari, yoga, atau aktivitas fisik pilihan Anda. Melakukan aktivitas berintensitas tinggi meningkatkan sirkulasi darah dan mendetoksifikasi tubuh dengan membuang produk limbah yang ada di dalam pori-pori, yang dapat mencegah jerawat dan memberikan cahaya yang sehat.


Informasi Anda Genggam


Loading...