Dua Provider Ini Koneksi Internetnya Paling Ngebut di Indonesia

M. Iqbal
Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:01 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Di kuartal ke 3 2021, Speedtest mengumumkan laporan koneksi internet paling kencang. Hasilnya, Telkomsel dan Biznet sebagai provider internet tercepat di Indonesia.

Dilansir dari Detik.com, Telkomsel dan Biznet unggul di masing-masing layanan. JiKa Telkomsel jadi jawara sebagai operator seluler terkencang penyedia mobile broadband, sedangkan Biznet nomor satu untuk urusan fixed broadband.

Speedtest Intelligence mengatakan Telkomsel mengungguli operator seluler lainnya, seperti Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, maupun Hutchison 3 Indonesia (Tri).

Begitu juga soal latensi, Telkomsel masih unggul. Sedangkan dibelakangnya ada pergeseran poisisi dengan Tri jadi runner up-nya.

Baca juga: Pertama di Dunia, Bakteri Super Kuat Ditemukan Oleh Ilmuwan di Antartika, Tak Mempan Dimusnahkan Oleh Disenfektan

Berbicara Consistency Score, Speedtest yang telah mengukur masing-masing operator seluler menasbihkan Telkomsel juga yang paling teratas.

Beralih ke layanan fixed broadband, Speedtest menyebutkan bahwa Biznet jadi yang paling atas dengan mencetak skor tertinggi, yaitu 42,17.

Mengenai latensi, justru Biznet bukan ahlinya. MyRepublic jadi paling rendah latensinya selama Q3 2021 ini.

Berdasarkan Speedtest Global Index bulan September 2021, kecepatan internet mobile download rata-rata Indonesia naik empat peringkat menduduki urutan ke-108 dari 138 negara di dunia dengan kecepatan internet mobile download rata-rata mencapai 23,12 Mbps. Sebelumnya, koneksi RI ini di angka 21,96 Mbps.

Baca juga: Studi : Perubahan Iklim Akan Merusak Sekitar 60 Jam Tidur Manusia Setiap Tahun Pada 2099

Sedangkan, kecepatan internet fixed broadband, posisi Indonesia di kancah dunia malah lebih tidak bagus lagi ketimbang koneksi internet mobile.

Indonesia turun dua peringkat ke posisi 116 dari 181 negara dengan kecepatan internet fixed broadband download rata-rata 27,83 Mbps beda tipis dengan Komboja di atasnya dengan kecepatan internet 28,32 Mbps (115).


Telkomsel Biznet
Informasi Anda Genggam


Loading...