Antara Said Aqil dan Yahya Staquf, Mana yang Dipilih Yenny Wahid?

M. Iqbal
Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:22 WIB
Puteri mantan Presiden Gus Dur, Yenni Wahid R24/ibl Puteri mantan Presiden Gus Dur, Yenni Wahid

RIAU24.COM - Dua nama saat ini tengah bersaing untuk memperebutkan kursi ketua umum PBNU di arena Muktamar NU nanti adalah KH Said Aqil Siradj dan KH Yahya Cholil Staquf.

Dilansir dari Sindonews.com, dari dua nama itu, mana yang menurut Yenny Wahid tepat memimpin NU? Puteri mantan Presiden Abdurrahman Wahid ini secara diplomatis mengungkapkan, keduanya sama-sama punya plus minus.

"Baik Kiai Said maupun Kiai Yahya Staquf sama-sama punya kelebihan dan kekurangann," kata dia dalam wawancara di saluran youtube Karni Ilyas.

Baca juga: Ini Jawaban UAS Usai Disebut Ekstrimis oleh Singapura

Said Aqil di mata Yenny merupakan seorang yang sangat alim. "Dari sisi keilmuan beliau adalah salah satu ulama yang tidak tertandingi, luar biasa penguasaannya pada dalil juga sejarah Islam. Selalu ada tempat buat beliau," ucapnya.

Kemudian, Yahya Staquf adalah tokoh NU yang kuat basis tradisinya tetapi juga memiliki jejaring yang luar biasa luas hingga mancanegara.

"Beliau juga darah biru dalam NU, juga kiai meneruskan abah beliau di pesantren, Rembang. Beliau fasih beberapa bahasa," kata Yenny.

Baca juga: Cerita Jenderal Sudirman dan Nasi Oyek

Secara khusus, Yenny menyebut kelebihan Yahya Staquf dalam hal jejaring sebagai keistimewaan yang memang cocok dengan perkembangan zaman.

"Dalam konteks zaman yang serba terhubung secara global, jaringan Gus Yahya ini punya nilai lebih untuk NU," tutur Yenny.

Lalu, siapa yang akan dipilih Yenny? "Kebetulan saya ini nggak punya hak suara. Jadi agak sulit juga untuk memilih," kata Yenny tertawa.


Yenni Wahid
Informasi Anda Genggam


Loading...