Profesor Asal Singapura Yakin Jokowi Adalah Pemimpin Paling Efektif di Dunia: Amerika Serikat dan Brasil Lewat...

Devi
Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:48 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet

RIAU24.COM - Profesor asal Singapura, Kishore Mahbubani tetap menegaskan jika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tetap menjadi pemimpin paling efektif saat ini di dunia. Menurut pria yang bekerja di National University of Singapore (NUS), itu mengungkapkan bahwa klaimnya tersebut hingga saat ini masih belum ada yang  bisa mematahkannya.

Dilansir dari PosKota, Mahbubani justru menilai Presiden Jokowi saat ini sudah menerapkan pemerintahan yang baik (Good Governance) dan hal itu wajib dipelajari oleh negara di seluruh dunia.

Pernyataan Mahbubani itu disampaikannya secara langsung dalam sebuah artikel berjudul 'The Genius of Jokowi' yang dirilis Project Syndicate. "Belum ada orang yang mematahkan klaim saya bahwa Jokowi adalah salah satu presiden yang paling efektif yang dipilih secara demokratis di dunia," ujarnya pada Rabu (27/10/2021).

Mahbubani juga menganggap negara seperti Indonesia sudah sangat terberkati dengan kehadiran Jokowi karena gaya kepemimpinan yang luar biasa.

Baca juga: Polisi Sebut Supir Truk Kecelakaan Maut Balikpapan Bandel, Netizen: Nggak Mau Disalahin ya? Usut Juga Perusahaannya

Tak lupa Mahbubani untuk mengimbau agar masyarakat Indonesia bisa lebih bangga lagi karena memiliki sosok presiden layaknya Jokowi. Mahbubani juga memberikan perbandingan dari negara-negara lain seperti Amerika Serikat (AS) dan Brasil yang dianggapnya justru mengalami kesulitan untuk mempertahankan demokrasi di negaranya.

"Jika kita melihat bagaimana negara-negara besar di dunia ini kesulitan, seperti AS dan Brasil dalam mempertahankan demokrasinya," imbuh Mahbubani.

Sebagai bukti, Mahbubani mengatakan kalau kehebatan dari cara kepemimpinan Jokowi langsung menghadiahkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Kegiatan Internasional seperti KTT G20 diyakini Mahbubani bisa dibawa oleh Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi lagi karena adanya budaya musyawarah dan mufakat.

"Saya percaya, jika ada satu negara yang bisa membawa G20 ke tingkat yang lebih tinggi, Indonesia adalah salah satunya," tuturnya.

Baca juga: Unggah Potret Bareng Tiga Wanita yang Disayanginya, Ferry Irawan Bikin Netizen Merinding dengan Ucapan Janjinya

"Jika Indonesia bisa menyebarkan budaya musyawarah dan mufakat, itu akan mengubah dunia, tidak hanya Indonesia," sambungnya.

Sebelumnya Mantan diplomat Singapura itu juga sudah pernah membuat pujian yang sangat tinggi kepada Jokowi.

Salah satu Profesor di National University of Singapore (NUS) itu menilai bahwa Jokowi sebenarnya merupakan seorang pemimpin yang jenius. Seharusnya, dengan kejeniusan yang dimiliki Presiden Jokowi banyak negara lain yang ‘cemburu’ dengan Indonesia.

Jokowi dinilainya sebagai pemimpin yang berhasil menuntaskan perpecahan politik dan juga kesenjangan sosial di Indonesia. Kishore menganggap Indonesia berhasil memilih seorang pemimpin yang tidak berniat menipu bangsanya sendiri. Ungkapan tersebut dimuat langsung dalam rilis Project Syndicate yang dikeluarkan belum lama ini dengan artikel berjudul ‘The Genius of Jokowi’.

“Keberhasilan Presiden Joko Widodo layak mendapat pengakuan dan penghargaan yang lebih luas," ujar Kishore.

Jokowi disebut telah sukses membuat peran atau model pemerintahan yang baik dan hal itu wajib diikuti oleh negara-negara lain. “Dia telah menetapkan standar pemerintahan baru yang seharusnya membuat iri negara-negara demokrasi besar lainnya," ucapnya lebih lanjut.

Kishore Mahbubani juga menyebut ada enam prestasi yang sudah diraih Jokowi yang mana prestasi tersebut membuat sang presiden pantas diacungkan jempol. 


Informasi Anda Genggam


Loading...