Menlu Ukraina Sebut Kerjasama dengan Turki Penting untuk Keamanan Laut Hitam

Amerita
Sabtu, 30 Oktober 2021 | 19:47 WIB
bendera Turki dan Ukraina R24/ame bendera Turki dan Ukraina

RIAU24.COM - Menteri Luar Negeri Ukraina, Kyiv Dmytro Kuleba mengatakan bahwa kerjasama antara Turki di Ukraina sangat penting untuk keamanan wilayah Laut Hitam, karena hubungan antara kedua sekutu tumbuh lebih kuat di setiap bidang termasuk ekonomi, pertahanan, perdagangan dan pariwisata.

Baca juga: Mumbai berjuang untuk menahan wabah campak saat virus membunuh 10 anak


“Ukraina dan Turki sedang mengembangkan visi yang jelas untuk keamanan masa depan wilayah Laut Hitam,” tulis Kuleba dalam sebuah artikel untuk Atlantic Council.

“Sudah waktunya bagi NATO untuk mulai melihat kemitraan Ukraina-Turki ini sebagai kekuatan tambahan yang berharga yang dapat membantu memberikan keamanan dan stabilitas di kawasan itu,” tegasnya.

Baca juga: Jepang: Pengunduran Diri Menteri Kabinet Ketiga Dalam Sebulan Memberi Tekanan Pada PM Fumio Kishida


Hanya tindakan bersama oleh NATO termasuk sekutu Turki “yang akan memungkinkan untuk mencegah Laut Hitam jatuh di bawah dominasi Rusia dan menjadi sasaran kegiatan destabilisasi Moskow.”

Berbicara tentang hubungan dengan Turki, Kuleba mengatakan bahwa kemitraan diperkuat dengan format quadriga 2+2 konsultasi politik dan keamanan yang melibatkan menteri luar negeri dan pertahanan kedua negara.

“Inisiatif kerja sama prioritas saat ini mencakup proyek infrastruktur besar dan produksi bersama drone Bayraktar Turki, sementara rencana juga berkembang untuk menyatukan upaya dalam produksi pesawat Antonov Ukraina,” tambahnya.

“Beberapa tahun terakhir kita telah melihat kemitraan strategis antara Ukraina dan Turki mencapai tingkat tertinggi dalam tiga dekade sejak Ukraina memulihkan kemerdekaannya pada tahun 1991,” kata Kuleba, menunjukkan bahwa kedua negara akan merayakan 30 tahun hubungan diplomatik pada tahun 2022.


Ukraina Turki
Informasi Anda Genggam


Loading...