Sungguh Diluar Dugaan, Avanza Baru Bakal Dilengkapi Alat Canggih Seperti Ini

Azhar
Sabtu, 30 Oktober 2021 | 21:21 WIB
Bocoran Toyota Avanza Veloz generasi terbaru. Sumber: Kompas.com R24/azhar Bocoran Toyota Avanza Veloz generasi terbaru. Sumber: Kompas.com

RIAU24.COM -  Setelah sempat menebak-nebak, akhirnya bocoran All New Avanza tersebar di jagat maya. Disinyalir, Toyota Avanza baru akan segera meluncur di Tanah Air.

Tak hanya itu, All New Avanza juga sudah terdaftar dengan kode W100RE, dan W101RE. Hal ini tentu merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 40 tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor.

Avanza baru mengadopsi transmisi matik jenis CVT (Continuously Variable Transmission) serupa dengan Yaris, atau Raize dikutip dari viva.co.id, Sabtu, 30 September 2021.

Raize sendiri merupakan fitur keamanan, dan teknologi untuk mempermudah pengemudi dibekali TSS (Toyota Safety Sense).

Baca juga: Bukan Bumi Planet dengan Gunung Berapi Terbanyak di Alam Semesta

Di dalam TSS bersarang sejumlah fitur canggih untuk mempermudah pengemudi saat berkendara, hingga teknologi keamanan dengan fungsi berbeda-beda. Salah satunya LDP (Lane Departure Assist) untuk menjaga mobil tetap di lajur.

Jika keluar marka jalan, setir akan bergetar sebagai sinyal bahwa pengemudi harus tetap di lajur. Bahkan setir juga akan memberikan perlawanan jika pengemudi memaksakan keluar lajur, atau saat menyalip tanpa menyalakan sein.

Selain itu ada juga ACC (Adaptive Cruise Control), fungisnya akan mempertahankan laju mobil dalam kecepatan tertentu di jalan bebas hambatan, tanpa perlu menginjak pedal gas.

Kemudian VSC (Vehicle Stability Control) yang akan membantu pengemudi saat bermanuver untuk menjaga putaran ban agar tidak terjadi selip. Selain itu, HAS (Hill Start Assist) agar mobil tidak merosot saat berhenti ditanjakan.

Baca juga: Mengejutkan, Indonesia Dinobatkan Sebagai Pengguna VPN Terbesar Ketiga di Dunia

Fitur lainnya meliputi BSM (Blind Spot Monitoring) untuk memberitahu pengemudi jika ada objek, atau kendaraan lain yang tidak terlihat, dari sisi kanan, kiri atau belakang melalui indikator yang muncul di kaca spion.

Kemudian RCTA (Rear Crossing Traffic Alert) merupakan sejumlah perangkat yang didesain untuk membantu pengemudi mendapatkan informasi tentang objek bergerak di belakang mobil. Sehingga lebih aman saat mundur.

Sementara untuk urusan dapur pacu, All New Avanza dibekali dengan mesin 1.300cc terdapat dua tipe, harga dasarnya Rp157 juta untuk W100RE-LMDFJ 1.3 E MT, dan Rp168 juta berkode W100RE-LBDFJ 1.3 E CVT. Sedangkan 7 varian lainnya mengadopsi mesin berkapasitas 1.500cc.


Informasi Anda Genggam


Loading...