Cantengan di Kaki Jangan Dianggap Sepele, Kenali Penyabab dan Cara Mengatasinya

Rizka
Minggu, 31 Oktober 2021 | 21:31 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Pernah mengalami kuku cantengan? Kalau pernah, kamu pasti tahu betapa luar biasa sakitnya.

Dilansir dalam arsipsehat, berikut penyebab jempol kaki bisa cantengan.

1. Salah Memotong Kuku

Memotong kuku jempol kaki terlalu pendek atau menembus hingga ke bagian pinggiran kuku, bisa menybabkan kuku tumbuh tidak normal dan menembus kulit.

Baca juga: Suka Ngelawak, 4 Zodiak Ini Paling Humoris

2. Kondisi Kaki Yang Lembab

Kaki yang sering berkeringat atau sering merendam kaki di dalam air juga bisa menyebabkan kuku menjadi lunak dan mudah rusak, sehingga berisiko terselip pada kulit.

3. Bentuk Kuku

Orang yang memiliki bentuk kuku seperti kipas juga lebih berisiko megalami cantengan karena kuku lebih mudah menusuk kulit.

4. Cedera Kaki

Misalnya jempol kaki yang kepentok pintu kayu atau kaki meja juga bisa menyebabkan kuku patah dan akhirnya bertumbuh ke dalam.

5. Menggunakan Sepatu atau Kaus Kaki Terlalu Sempit atau Ketat

Sepatu atau kaus kaki yang terlalu pas atau cenderung sempit bisa menekan kuku kaki, sehingga dapat menembus kulit.

6. Faktor Genetik

Adanya kelainan genetik membuat bentuk kuku cenderung melengkung ke dalam sejak lahir. Kuku dengan kondisi seperti itulah yang menyebabkan seseorang mengalami cantengan.

7. Kurang Memperhatikan Kebersihan Kuku

Baca juga: 1 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari AIDS Internasional

Kebersihan kaki penting untuk diperhatikan. Pasalnya, kuku kaki yang kotor bisa menjadi tempat bakteri bertumbuh subur, sehingga memicu infeksi kuku atau cantengan.

Selain ketujuh hal tersebut, melakukan aktivitas fisik yang menuntut untuk sering menendang benda keras dengan kaki juga dapat memicu terjadinya cantengan. Contoh aktivitas fisik tersebut, antara lain sepak bola, rugby, kickboxing, dan menari ballet.

Adapun cara mengatasinya yaitu dengan cara memotong kuku yang menancap ke dalam dan melukai kulit dan potonglah kuku dengan baik dan benar.


Informasi Anda Genggam


Loading...