Kisah Mualaf Cantik Pernah Benci Suara Adzan, Kini Jadi Penghafal Al-Quran: Mau Ibadah Aja Diteriak-teriakin

Rizka
Senin, 01 November 2021 | 10:02 WIB
Julia Prastini [Instagram/@juliaprt7] R24/riz Julia Prastini [Instagram/@juliaprt7]

RIAU24.COM -  Wanita bernama Julia Prastini yang merupakan selebgram hijabers kerap membagikan konten OOTD hijab syar'i namun stylish melalui akun Instagram @juliaprt7.

Tak banyak yang tahu, Julia seorang mualaf dan berhasil menjadi seorang penghafal Al Quran. Dia pun seorang istri dari pria asli Korea Selatan bernama Daehoon yang juga memutuskan masuk Islam saat menikah dengannya.

Namun, ternyata jauh sebelum menjadi seorang muslimah taat, Julia Prastini mengaku sempat membenci Adzan. Hal ini diutarakannya dalam satu sesi wawancara yang diunggah kanal YouTube Ape Astronaut.

Awalnya Julia ditanya mengenai latar belakangnya yang merupakan seorang lulusan pondok pesantren. Dia pun menceritakan kisahnya secara gamblang.

Baca juga: Ini Jawaban UAS Usai Disebut Ekstrimis oleh Singapura

Wanita keturunan Tionghoa itu menjalani pendidikan di pesantren tak lama sejak menjadi mualaf. Hal itui didasari oleh fakta bahwa ibunya, yang juga merupakan seorang mualaf, merasa belum cukup pantas untuk mengajarkan Islam kepada putri tercintanya, namun dia ingin Julia bisa benar-benar paham Islam.

Akhirnya berdasarkan saran seorang ustaz, Julia dimasukkan ke dalam sebuah pondok pesantren. Kala itu dia masih kelas 4 SD.

"Mamah saya bingung mau taruh anaknya di mana, karena enggak pandai juga ilmu agama. Akhirnya berdasarkan saran seorang ustaz, dibilang 'udah masukin pesantren aja, Bismillah'. Saat itu, saya langsung disuruh masuk pesantren pas kelas 4 SD," ungkap Julia.

Julia Prastini sempat menolak. Namun demi menyenangkan hati ibundanya sebagai bentuk bakti, dia akhirnya menurut.

Wanita yang akrab disapa Jule itu malah keterusan di pesantren karena sang ibunda selalu mampu membujuknya. Dari pesantren itulah Julia mendapatkan kemampuannya untuk menghafal Al-Qur'an.

Lalu, ketika satu pertanyaan dilemparkan kepada Julia mengenai pandangannya terhadap Islam saat dia masih belum menjadi seorang mualaf. Secara mengejutkan, Julia memberikan pengakuan bahwa dia tidak suka mendengar adzan.

Baca juga: Cerita Jenderal Sudirman dan Nasi Oyek

"Dulu saya tuh enggak suka dengan adzan, menurut saya ngapain sih orang mau ibadah aja diteriak-teriakin. Iya dulu saya kayak gitu," ucapnya jujur.

Dia lantas membandingkan dengan agamanya terdahulu yakni Kristen yang tidak ada tradisi demikian. Jadi Julia menganggap bahwa hal itu mengganggu masyarakat.

"Agama (lama) saya aja enggak pernah ada yang koar-koar ke gereja kok. Dulu saya enggak suka (adzan), itu kayak mengganggu masyarakat gitu kan dan ya dulu sih saya mikirnya kayak gitu," jelasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...