Sebarkan Aksi Provokasi, Pria Ini Bikin Meme Anjing Bertopi Polisi

Rizka
Rabu, 03 November 2021 | 18:55 WIB
Google R24/riz Google

RIAU24.COM -  Seorang warga di Qingtongxia, Ningxia, China diberi hukuman kurungan selama sembilan hari usai menyebarkan meme bergambar anjing memakai topi polisi. Anjing dalam meme itu juga memegang lencana polisi.

Mengutip CNN, pria yang diketahui bernama Li itu dinyatakan menyebarkan provokasi saat pemerintah berupaya membatasi kegiatan masyarakat akibat penyebaran virus corona.

Mulanya, pria itu menyebarkan meme dalam grup pesan singkat WeChat beranggotakan 330 orang. Dia mengkritik kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat di tempat umum yang mana kepolisian menjadi garda terdepan dalam melakukan penertiban.

Baca juga: Korea Utara Minta Warganya Kumur Air Garam dan Konsumsi Obat Tradisional untuk Perangi Wabah COVID-19

Kemudian, kepolisian setempat mendapat laporan dari warga bahwa ada orang yang menyebarkan meme anjing bertopi aparat. Pria yang dimaksud lantas dipanggil untuk diperiksa.

Perusahaan pers yang dikelola pemerintah setempat, The Paper memberitakan kejadian itu. Dalam pemberitaannya, Li mengaku telah menghina polisi lewat meme di grup pesan singkat.

Polisi lantas menyatakan perbuatannya merupakan pelanggaran sehingga patut diberikan hukuman berupa penahanan selama sembilan hari.

The Paper memuji aparat yang bertindak tegas dalam membendung penyebaran virus corona. Apabila ada pihak yang tidak puas dengan kebijakan pembatasan di tempat umum dan menghina aparat, The Paper menyatakan perlu ada hukuman yang setimpal.

Baca juga: Firaun Ini Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Siapa?

"Mengenai tindakan pelanggaran, Kepolisian Qingtongxia selalu menekankan kebijakan tanpa toleransi dan dengan tegas memberikan hukuman," mengutip artikel The Paper seperti diberitakan CNN.

Kasus yang membuat Li hingga ditahan sembilan hari menuai kritik di media sosial lokal. Menurut banyak pihak, hukuman seperti itu tidak patut diberikan.


Informasi Anda Genggam


Loading...