Inilah 5 Kombinasi Makanan Tidak Sehat yang Harus Dihindari untuk Hidup Sehat dan Bugar

Devi
Sabtu, 06 November 2021 | 11:29 WIB
Foto : India.com R24/dev Foto : India.com

RIAU24.COM -  Kebiasaan makan Anda mencerminkan siapa Anda dan sebagian besar terlihat di kulit Anda. Kombinasi makanan yang buruk dapat menyebabkan gangguan pada usus dan dapat menyebabkan beberapa masalah yang berhubungan dengan kesehatan juga.

Membawanya ke Instagram, Dr. Dixa Bhavsar, seorang dokter Ayurveda terkenal membagikan postingan yang menjelaskan secara rinci kombinasi makanan yang tidak cocok. Menurut keterangannya, viruddha literal berarti kata yang berlawanan. Kombinasi makanan yang mungkin memiliki sifat berlawanan seperti ikan dan susu. Kombinasi sifat lain yang berlawanan adalah buah-buahan dan susu, dapat menyebabkan aktivitas yang berlawanan pada jaringan.

Baca juga: Paksa Wanita Tidak Menuntut Mahar yang Banyak Jika Siklus Haid Tidak Teratur, Ustaz Ini Tuai Kritik Pedas Dari Netizen

Kombinasi makanan seperti madu yang dipanaskan dapat memberikan efek yang tidak diinginkan pada tubuh saat diproses dalam bentuk ini. Bahkan makan dadih di malam hari termasuk dalam kombinasi yang tidak sehat jika dikonsumsi pada waktu yang salah.

Berikut Daftar Kombinasi Makanan Tidak Sehat:

  • Susu dan Ikan

Susu tidak boleh dimakan dengan ikan karena dua makanan tersebut tidak cocok: susu dingin dan ikan dipanaskan. Menggabungkan keduanya merusak darah dan menyebabkan penyumbatan saluran tubuh (disebut srotas). Garam dan susu bersama-sama adalah kombinasi lain yang harus dihindari karena kualitas antagonis di keduanya.

  • Pisang

Pisang tidak boleh dimakan dengan susu, dadih, atau buttermilk karena kombinasi tersebut dapat mengurangi pencernaan dan menghasilkan racun dalam tubuh. Makan kombinasi ini dapat menyebabkan pilek, batuk, dan alergi.

Baca juga: Khawatir dengan Efek Samping Vaksin COVID-19 dengan Penyakitnya, Rumah Sakit Tolak Berikan Pria Ini Transplantasi Jantung

  • Dadih

Dadih (yogurt, keju, keju cottage) ideal untuk dimakan di musim dingin, tetapi tidak boleh dikonsumsi pada malam hari. Menurut teks Ayurveda Caraka-Samhita (sutra 225-227), “dadih umumnya dibuang di musim gugur, musim panas, dan musim semi.”

Saat Anda makan dadih, nikmati saat makan siang saat pencernaan Anda paling kuat. Dadih dapat menyebabkan pembengkakan dan memperparah darah (rakta), pitta, dan kapha. Keju bisa memakan waktu lama untuk dicerna dan dapat menyebabkan sembelit sehingga mereka yang pencernaannya lemah harus menghindari konsumsi keju dan yogurt apa pun musimnya.

  • Madu yang Dipanaskan

Pemanasan madu menghancurkan enzim yang mendukung proses pencernaan, sehingga menghasilkan ama (racun) di dalam tubuh saat dikonsumsi.

  • Ghee dan Madu

Jangan mencampurkan ghee dan madu dalam jumlah yang sama karena keduanya memiliki reaksi yang berlawanan di dalam tubuh—madu memiliki efek pemanasan, pengeringan, pengikisan, sedangkan ghee memiliki kualitas pendinginan dan pelembab. Saat makan ghee dan madu bersama-sama, campur dalam jumlah yang lebih besar dari satu atau yang lain. “Jadi berusahalah sebaik mungkin untuk menghindari kombinasi makanan yang salah/tidak sesuai untuk mengurangi peradangan, menghindari gangguan kulit, penyakit auto imun & tetap sehat,” kata Dr. Dixa


Informasi Anda Genggam


Loading...