Tak Hanya Ikan dan Karang, Ada Miliaran Dolar Harta di Dasar Laut

Amerita
Minggu, 07 November 2021 | 20:31 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi

RIAU24.COM - Penyeberangan laut pertama diperkirakan terjadi sekitar 53.000 hingga 65.000 tahun yang lalu. Sejak itu, laut telah mengalami sejumlah peristiwa sejarah termasuk, pelayaran, pertempuran, dan perang. 

Baca juga: Bukan Bumi Planet dengan Gunung Berapi Terbanyak di Alam Semesta


Akibatnya, dasar laut adalah rumah bagi banyak harta; beberapa barang yang ditemukan berusia ratusan tahun. 

Kita tidak akan pernah benar-benar tahu apa yang ada di dasar laut, karena 95 persen lautan tetap tidak diketahui oleh kita, tetapi diasumsikan bahwa ada harta senilai miliaran dolar yang tergeletak di dasar laut.

Baca juga: Mengejutkan, Indonesia Dinobatkan Sebagai Pengguna VPN Terbesar Ketiga di Dunia


Contohnya Titanic yang merupakan salah satu kapal paling terkenal sepanjang masa. Kapal ini tenggelam pada April 2912 dan sisa-sisanya tidak ditemukan sampai tahun 1985. 

Diasumsikan bahwa kapal itu tenggelam dalam keadaan utuh, sehingga isinya akan tetap utuh. Namun, Robert Ballard menemukan bahwa Titanic telah tenggelam dalam dua bagian, dan seluruh isinya hancur.

Meskipun demikian, sejumlah barang dalam kondisi cukup baik untuk dijual seharga ribuan di pelelangan. Penemuan keseluruhan telah senilai USD 200 juta; ada kemungkinan bangkai kapal itu masih menyimpan barang-barang berharga, namun kini hilang di laut.  

Contoh kedua adalah Alexandria kuno, ini merupakan salah satu kota terpenting di Mesir, rumah bagi Ratu Cleopatra dan Perpustakaan Besar, salah satu perpustakaan terbesar dan paling signifikan di dunia kuno. 

Namun, serangkaian gempa bumi dan gelombang pasang menyebabkan kota itu tenggelam. Pada 1992, arkeolog Prancis Frank Goddio menemukan sisa-sisa kota yang tidak rusak, termasuk patung sphinx besar senilai USD 600 juta. 

Patung tersebut ditarik dari dasar laut dan dipajang di museum Kairo di mana masih bisa dilihat sampai sekarang.


Mesir
Informasi Anda Genggam


Loading...