Delegasi Amerika Datang Berkunjung, China 'Sengaja' Adakan Latihan Dekat Taiwan

Amerita
Kamis, 11 November 2021 | 11:44 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi
Bea Cukai

RIAU24.COM - Pasukan militer China 'sengaja' mengadakan latihan di dekat Taiwan sebagai tanggapan atas kunjungan delegasi kongres AS ke sana.

Kementerian Pertahanan China mengatakan dalam sebuah pengumuman bahwa latihan di wilayah Selat Taiwan adalah "langkah yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan nasional," Selasa (9/11).

Baca juga: Adele Menghentikan Pertunjukan Publik Pertamanya Sebanyak 4 Kali Karena Hal Ini


Dia tidak memberikan rincian tentang waktu, peserta, dan lokasi latihan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Wang Wenbin, mengatakan China menganggap kunjungan delegasi itu sebagai "pelanggaran serius" terhadap komitmen AS untuk tidak memiliki hubungan formal dengan Taiwan.

Baca juga: Fakta Menarik yang Tak Diketahui Banyak Orang Tentang Freddie Mercury


"China dengan tegas menentang itu dan telah membuat pernyataan serius kepada AS," kata Wang pada briefing harian, Rabu (10/11).

"Semua tindakan berisiko dan provokatif terhadap penyatuan kembali China seperti semut yang mencoba tumbang di atas pohon raksasa dan pasti akan gagal," kata Wang.

Sementara di Washington, juru bicara Pentagon, John Kirby, mengatakan kunjungan kongres ke Taiwan "relatif umum dan sesuai dengan kewajiban AS di bawah Undang-Undang Hubungan Taiwan," yang mana mengharuskan pemerintah AS untuk memastikan Taiwan memiliki kemampuan untuk mempertahankan diri.

Delegasi itu tiba di Taipei pada Selasa malam (9/11) dengan jet C-40 Clipper. Kirby mengatakan bepergian dengan jet militer AS adalah kebiasaan bagi delegasi semacam itu.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...