Akui Tak Salah Pilih Jokowi, Surya Paloh: Kepemimpinan yang Begitu Piawai, Mau Terima Kritik dan Caci Maki

Rizka
Kamis, 11 November 2021 | 15:26 WIB
Surya Paloh dan Jokowi [Instagram/@suryapaloh.id] R24/riz Surya Paloh dan Jokowi [Instagram/@suryapaloh.id]
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Ketua Umum NasDem, Surya Paloh menyuarakan akan tetap mendukung pemerintahan Presiden Jokowi hingga akhir masa jabatannya di 2024 nanti. Ia mengaku bangga karena di bawah kepemimpinan Jokowi, Indonesia berhasil melewati masa-masa sulit, khususnya di tengah pandemi COVID-19.

Bahkan, Surya Paloh juga menyebut tidak salah pilih mendukung Jokowi jadi Presiden sejak awal tanpa syarat. Menurutnya, Jokowi pemimpin yang bisa menerima kritik hingga caci maki.

"Kita bersyukur di bawah kepemimpinan yang begitu piawai dengan segala kerendahan hati, mau menerima masukan, mau menerima kritik, bahkan caci maki bangsa ini bisa berdiri tegak dan mendapat apresiasi dari bangsa-bangsa lain," katanya dikutip dari Merdeka.com, Kamis (11/11).

Baca juga: Viral! Netizen Bandingkan Pesulap merah dan Buya Yahya Dalam Membongkar Praktek Perdukunan

"Jadi tidak salah, tepat sekali ketika sejak awal kita menyatakan mendukung Presiden Jokowi tanpa syarat," ucap Paloh.

Selain itu, Paloh bersyukur usia NasDem sudah satu dekade. Menurutnya, 10 tahun adalah masa waktu yang relatif masih cukup muda bagi satu institusi partai politik.

"Tapi bagi Nasdem kita telah banyak memetik pelajaran yang berharga, satu proses learning by doing, dari kesalahan kesilapan kebodohan yang pernah kita alami bersama," kata dia.

Sementara menjelang Pemilu 2024, Paloh mengatakan ada dua tugas pokok yang harus dilakukan NasDem. Yang pertama adalah mengawal kepemimpinan Jokowi agar administrasi pemerintahannya tetap efektif sampai akhir masa jabatan.

"Kedua adalah mempersiapkan proses kesinambungan kepemimpinan yang akan datang. Kalau saja konstitusi kita tidak membatasi masa jabatan presiden hanya dua kali, saya tidak perlu lagi [menjawab] pertanyaan kader partai siapa presiden kita ke depan sesudah Jokowi," tuturnya.

Baca juga: Waspada! Pempek Ikan Busuk Dijual di Emperan Kaki Lima Jawa Barat

Paloh menegaskan jika tidak ada pembatasan jabatan, NasDem pasti akan kembali menyatakan dukungan kepada Jokowi. Namun karena menghormati dan menghargai konstitusi, NasDem akan membantu mengawal Jokowi sampai akhir masa jabatan dan mencari calon pemimpin untuk bisa melanjutkan kerja Jokowi.

"Seorang Jokowi dengan prestasi yang insyaallah mengakhiri masa jabatannya akan menorehkan tinta emas yang akan dikenang. Tapi tugas kita tidak berhenti di situ. Tugas kita mencari kesinambungan kepemimpinan nasional yang kita harapkan lebih baik dari apa yang dicapai seorang Jokowi," pungkasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...