Subaru Perkenalkan Mobil Listrik Pertama Bersama Toyota

Amerita
Jumat, 12 November 2021 | 09:31 WIB
Gambar: The Japan Times R24/ame Gambar: The Japan Times

RIAU24.COM - Subaru Corp Jepang pada Kamis (11/11) meluncurkan kendaraan listrik pertama (EV), Solterra, sebagai hasil dari proyek pengembangan bersama selama dua tahun dengan pemegang saham terbesarnya, Toyota Motor Corp.

Baca juga: Ilmuwan Menemukan Mikroba Hidup di Batu, Berusia 830 Juta Tahun Lalu


Toyota bulan lalu mengumumkan versi kendaraan listrik baterai (BEV), bZ4X.

Pergeseran teknologi dari mesin pembakaran internal menimbulkan tantangan bagi pembuat mobil yang lebih kecil, seperti Subaru, yang kurang mampu mendanai pengembangan EV yang mahal. 

Baca juga: Segera Tinggalkan 4G, Ini Kelebihan 5G


Pada saat yang sama, ini merupakan kesempatan bagi pembuat mobil papan atas, seperti Toyota, untuk menarik saingan yang lebih kecil lebih dekat.

Toyota berencana untuk memiliki 15 model BEV pada 2025. Toyota juga menghabiskan US$13,5 miliar selama dekade berikutnya untuk memperluas kapasitas produksi baterai mobil.

Solterra berpenggerak roda depan memiliki daya jelajah 530 km, sedangkan versi all-wheel-drive dapat menempuh 460 km dengan sekali pengisian daya.

Toyota memiliki seperlima saham dari Subaru, dan 5 persen saham di Mazda Motor Corp, yang berencana untuk meluncurkan 13 kendaraan listrik pada tahun 2025, termasuk hibrida dan BEV yang akan menggabungkan teknologi Toyota.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...