Cerita Gus Dur yang Tak Pernah Mau Kunjungi Gedung NU di Bali, Ini Alasannya

Rizka
Sabtu, 13 November 2021 | 09:54 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM - Mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, dikenal sebagai pemimpin yang kerap melanglang buana ke berbagai negara. 

Meski jabatannya singkat, puluhan negara ia sambangi dengan membawa eksistensi nama Indonesia di depan mata dunia.

Sebagai produk dari pesantren, Gus Dur juga terkenal dengan guyonan cerda dan berisi, yang sering membuat orang tertawa termasuk sejumlah pemimpin negara lain. 

Baca juga: Bupati Alfedri Bangga Anak Siak Lulus Dari BTP Bisa Kerja di Luar Negeri

Gus Dur selalu menggelorakan pluralisme di mana ia mampu merangkul bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai latar belakang agama, suku dan lainnya.

Uniknya meski mondar-mandir keliling dunia, Gus Dur yang terlahir dari kalangan NU justru tidak pernah mengunjungi kantor PWNU Bali, yang ada di tanah airnya sendiri.

Gus Dur cukup sering mengunjungi Bali, namun tak pernah sekalipun ia mampir ke gedung PWNU Bali. Berkali-kali dirayu, Gus Dur selalu menolak.

Baca juga: Viral Video Ariel Tatum dan Nicholas Saputra di Atas Ranjang, Warganet Ingin Ikut Nimbrung

Anehnya lagi, Gus Dur malah lebih banyak mengunjungi pura dan ashram. Sangat jarang ia berkunjung ke masjid ataupun tokoh muslim Bali.

Ternyata Gus Dur sadar bahwa Islam adalah minoritas di Bali. Karena itulah ia sengaja membangun hubungan baik dengan umat Hindu agar bisa 'menitipkan' umat Islam yang hidup di Bali.


Gus Dur NU Bali
Informasi Anda Genggam


Loading...