Tahukah Anda, 65 Tahun Lalu, Hard Drive Seukuran Lemari Ini Hanya Bisa Menyimpan Satu Foto iPhone

Devi
Senin, 15 November 2021 | 14:08 WIB
Foto : India.com R24/dev Foto : India.com
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Hari ini, telepon di saku kita mampu membawa ribuan foto, lagu, film dan masih mampu menimbang sama persis seperti tanpa apa-apa di dalamnya. Beberapa dekade yang lalu, ini akan terasa mustahil.

Dan hari ini, saat menelusuri Twitter,ditemukan gambar yang benar-benar menempatkan segala sesuatunya dalam perspektif, tentang bagaimana penyimpanan sebagai media telah berkembang dan seperti apa dekade yang lalu. 

Gambar yang dibagikan oleh pengguna Twitter @jonerlichman menunjukkan hard drive sebesar kulkas dua pintu, diangkat ke atas pesawat menggunakan forklift. 

Baca juga: Elon Musk Menuduh Twitter Menyembunyikan Saksi Kunci Di Tengah Pertarungan Hukum Dalam Kesepakatan USD 44 Miliar

Seperti dilansir dari computerhistory.org, mengungkapkan bahwa drive besar ini sebenarnya dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh Reynold Johnson di IBM R&D Laboratory di San Jose, California. Drive ini adalah sistem penyimpanan massal cepat pertama di dunia yang dirancang untuk menggantikan kartu berlubang konvensional dan penyimpanan berbasis pita magnetik. 

Hasil akhirnya adalah hard disk drive (HDD) komersial pertama di dunia -- unit penyimpanan disk Model 350. Gambar menunjukkan pengiriman pertama drive ini dilakukan ke Zellerbach Paper, di San Francisco pada Juni 1956 sebagai bagian dari sistem IBM 305 RAMAC (Metode Akses Acak Akuntansi dan Kontrol).

Drive ini mampu menyimpan data digital dalam material magnetik pada disk yang berputar kuat. Informasi tersebut didaftarkan dan diakses melalui unit baca dan tulis khusus yang dijuluki kepala. Pergerakan kepala, pemrosesan bentuk gelombang sinyal dan menjalankan seluruh sistem seefisien mungkin dengan bantuan sirkuit elektronik dan perangkat lunak. 

Baca juga: YouTube Berencana Akan Meluncurkan Layanan Video Streaming

Model 350 menampilkan lima puluh disk berdiameter 24 inci yang ditumpuk pada spindel yang berputar pada 1200 RPM (putaran per menit) -- sebagian kecil dari 10.000 RPM yang dapat dilakukan hard drive SATA saat ini -- dan mampu menyimpan 5 juta, Karakter 6-bit pada kepadatan area 2.000 bit per persegi, mirip dengan penyimpanan data 3,75 Megabyte.

Saat ini, kartu microSD yang lebih kecil dari ukuran kuku manusia dapat membawa data senilai terabyte. 


Teknologi Chip
Informasi Anda Genggam


Loading...