Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Inilah 4 Isi Tas Dan Koper Pramugari

Devi
Senin, 15 November 2021 | 14:27 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet

RIAU24.COM -  Melayani penerbangan ke sejumlah destinasi, baik domestik maupun internasional merupakan tugas dari seorang pramugari. saat bertugas pramugari selalu membawa tas dan koper yang berisikan segala kebutuhan. Seorang pramugari menginap di satu kota ke kota lainnya karena tuntutan pekerjaan, dengan begitu mereka harus menyiapkan segala kebutuhan agar tidak perlu repot untuk membeli lagi segala kebutuhan yang penting. Berikut isi tas dan koper pramugari.

Seragam dan pakaian sehari-hari

Seragam dan pakaian sehari-hari merupakan barang yang wajib dibawa oleh pramugari, tidak hanya satu seragam namun juga perlu membawa seragam cadangan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Misalnya seragam yang kotor, sobek atau rusak.
 

Dibeberapa maskapai penerbangan, seragam pramugari memiliki warna dan jenis seragam yang beragam setiap harinya, artinya pramugari tidak hanya memakai seragam yang sedang dipakainya saja tetapi mereka membawa banyak cadangan seragam di dalam tas kopernya.

Tidak hanya seragam, hal yang wajib dibawa adalah pakaian sehari-hari, seperti pakaian tidur, pakaian untuk hangout dan sebagainya. Dengan begitu pramugari harus menyiapkan space yang cukup dikoper masing-masing untuk membawa seragam dan pakaian lainnya yang memakan banyak tempat.

Baca juga: Mitos Atau Fakta? Mata Kedutan Berkali-kali Pertanda Akan Menangis?

Dokumen penting

Sertifikat personal cabin merupakan dokumen yang wajib dibawa pramugari. Sertifikat personal kabin adalah licence yang dimiliki oleh pramugari yang akan didapatkan setelah lulus dari pelatihan.

Kemudian ada sertifikat kesehatan yang menandakan bahwa pramugari tersebut sehat jasmani, rohani dan layak untuk terbang, sertifikat ini terus diupdate setiap tahunnya.

Selanjutnya ada safety training control book, dokumen ini berguna untuk mengontrol apakah pramugari tersebut masih layak terbang atau tidak. Pramugari akan diuji kelayakannya setiap tahun sekali. Paspor dan ID card merupakan dokumen ketika ingin memasuki negara tertentu.

Barang ini juga sangat wajib dibawa pramugari baik terbang domestik maupun terbang rute internasional. Ketika pramugari terbang domestik namun tetap harus membawa paspor karena bisa terjadi perubahan jadwal sewaktu-waktu.

Syal, Jaket dan Senter

Pramugari, 4 isi tas dan koper pramugari selanjutnya adalah Syal, Jaket dan Senter. Paspor dan ID card merupakan dokumen ketika ingin memasuki negara tertentu. Barang ini juga sangat wajib dibawa pramugari baik terbang domestik maupun terbang rute internasional.

Ketika pramugari terbang domestik namun tetap harus membawa paspor karena bisa terjadi perubahan jadwal sewaktu-waktu. Pramugari juga wajib membawa senter karena sangat dibutuhkan ketika terjadi emergency atau keadaan darurat.

Senter juga berguna ketika penerbangan di malam hari. Karena kondisi di malam hari biasanya lampu kabin akan dimatikan, jadi senter tersebut berguna untuk mengecek kondisi penumpang ketika ada masalah.

Baca juga: Mudah Dibuat Dirumah, Resep Madu Mongso Tahan Lama

Flight Attendant Announcement Book

Barang yang wajib dibawa oleh pramugari selanjutnya adalah flight attendant announcement book. Buku ini berguna untuk membantu pramugari ketika membaca pengumuman dalam pesawat. Pramugari wajib membawa buku ini dan tidak disarankan untuk menghafal. Selanjutnya yaitu smart pocket book, buku ini berisi mengenai referensi yang dibutuhkan oleh pramugari dan wajib untuk dibaca. Misalnya tentang pembagian tugas ketika terjadi pendaratan darurat. Kedua buku ini telah disediakan oleh maskapai masing-masing dan wajib dibawa oleh pramugari ketika dalam perjalanan bertugas.


Informasi Anda Genggam


Loading...