Organisasi Kesehatan Dunia Menetapkan Madinah Sebagai Kota Paling Sehat di Dunia, Ini Alasannya

Rizka
Selasa, 16 November 2021 | 08:37 WIB
google R24/riz google
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Kota suci kedua bagi umat islam setelah Makkah ini mendapat status tersebut setelah tim WHO melakukan penilaian, memastikan Madinah memenuhi semua standar global yang diperlukan sebagai kota sehat.

Madinah diyakini sebagai kota pertama di dunia berpopulasi lebih dari 2 juta jiwa yang diakui sebagai kota paling sehat sesuai standar WHO.

"Kota yang sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial serta memperluas sumber daya masyarakat yang memungkinkan penduduk saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal," bunyi pernyataan WHO, dikutip dari Arab News.

Baca juga: APR Gandeng Empat Mitra Pamerkan Produk Viscose-Rayon Berkelanjutan di Indo Intertex 2022

Kriteria tersebut dinilai terpenuhi oleh kota suci umat Islam ini. Madinah juga disebut memenuhi tujuan yang ditetapkan Proyek Strategi Wilayah Madinah dan peluncuran program "Kota Manusiawi".

Sebanyak 22 organisasi pemerintah, komunitas, lembaga amal, serta relawan di Madinah membantu mempersiapkan status kota Sehat Madinah.

Baca juga: Tragis! Empat Pria di India Disambar Petir, Begini Kondisinya Saat Ditemukan

WHO juga merekomendasikan agar universitas memberikan pelatihan kepada instansi kota nasional lainnya yang berminat mengikuti program kota sehat.

Program kota sehat Madinah juga menggandeng Universitas Taibah yang mencatat semua persyaratan dan prosedur pemerintah berdasarkan aturan, bukti, serta prosedur bertaraf global, melalui platform elektronik. Ini membantu tim WHO dalam memberikan penilaian.


Informasi Anda Genggam


Loading...