Jaksa Peru Temukan Rp285 Juta Dalam Kamar Mandi Istana Kepresidenan

Riki Ariyanto
Kamis, 25 November 2021 | 10:40 WIB
Jaksa Peru Temukan Rp285 Juta Dalam Kamar Mandi Istana Kepresidenan (foto/Reuters) R24/riki Jaksa Peru Temukan Rp285 Juta Dalam Kamar Mandi Istana Kepresidenan (foto/Reuters)

RIAU24.COM - Jumat (19/11/2021), penggerebekan teejadi di Istana Kepresidenan. Penyelidikan itu dilakukan Jaksa Peru atas tuduhan Bruno Pacheno yang diduga penyalahgunaan jabatan dan pengaruh.

Dilansir dari Okezone, Bruno Pacheco, yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala staf Presiden Pedro Castillo pada Jumat. Lalu yang bikin heboh ditemukan uang sebesar USD20.000 (sekira Rp285,5 juta) ditemukan di kamar mandi Istana Kepresidenan.

Namun Bruno Pacheco menyebut kepada penyelidik bahwa uang itu adalah miliknya tetapi membantah melakukan kesalahan. Bruno menyebut bahwa uang itu adalah kombinasi dari tabungan dan gajinya.

Baca juga: Korut Eksekusi Maati Siswa yang Selundupkan dan Jual Film Squid Game

Berdasarkan dokumen resmi pengadilan, gaji bulanan Pacheco berjumlah (sekira Rp88 juta). Dokumen itu menyebutkan bahwa Pacheco tidak memberi tahu penyelidik mengapa dia menyimpan uang dalam jumlah besar di kamar mandi kantornya.

Penggerebekan itu adalah bagian dari penyelidikan atas tuduhan bahwa Pacheco menekan kepala badan pajak dan bea cukai Peru untuk memberi perusahaan tertentu, yang dijalankan oleh teman-temannya, persyaratan yang lebih menguntungkan.

Baca juga: 50 Tahun Menikah, Luhut Beberkan Tips Pernikahan Awet

Pacheco membantah semua tudingan itu. Dirinya bersikeras bahwa pengunduran dirinya tidak terkait dengan kesalahan apa pun, tetapi untuk melindungi Castillo, sehingga sang presiden tidak terpengaruh oleh tuduham yang dia sebut sebagai sebuah “kampanye kotor”.


Informasi Anda Genggam


Loading...