Tak Melulu Obat, Dokter Harus Tawarkan Pengobatan Lain pada Pasien Penderita Depresi Ringan

Amerita
Sabtu, 27 November 2021 | 21:39 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi

RIAU24.COM - Mereka yang menderita depresi ringan harus memilih antara olahraga atau terapi ketimbang mengonsumsi obat-obatan seperti antidepresan.

Baca juga: 7 Kebiasaan Gaya Hidup yang Meningkatkan Risiko Kanker Serviks


Pakar kesehatan mental mengatakan olahraga terbukti sama efektifnya dengan antidepresan dalam banyak kasus yang tidak terlalu parah.

Para ahli di Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) juga menekankan orang dengan depresi ringan tidak perlu diberi antidepresan.

Baca juga: Tak Hanya Psikologis, Ternyata Trauma juga Serang Fisik, Ini Penjelasannya


"Jangan menawarkan obat antidepresan sebagai pengobatan lini pertama untuk depresi yang tidak terlalu parah kecuali itu adalah pilihan orang tersebut," kata para ahli.

Di sini, para ahli juga mengisyaratkan agar dokter melakukan percakapan dengan pasien terkait apa yang mereka rasa paling benar untuk mengatasi masalah mereka.

"Secara khusus kami telah menekankan peran pilihan pasien - menyarankan bahwa praktisi harus menawarkan pilihan perawatan berbasis bukti dan pemahaman bahwa tidak setiap perawatan cocok untuk setiap orang," tegasnya.

Pedoman tersebut juga mengatakan petugas medis harus mendiskusikan apa yang terjadi jika orang berhenti menggunakan antidepresan, termasuk proses dan efek yang akan memakan waktu lama.


Informasi Anda Genggam


Loading...