Jaga Kelestarian Hutan, Polres, Pemkab Kuansing dan PT RAPP Patroli Udara

Replizar
Senin, 29 November 2021 | 08:36 WIB
 Saat patroli udara meninjau kondisi kawasan hutan SM Rimbang Baling R24/zar Saat patroli udara meninjau kondisi kawasan hutan SM Rimbang Baling

RIAU24.COM - Kepolisian Resort dan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi akan menindak tegas aktifitas ilegal di kawasan hutan Suaka Margasatwa (SM) Rimbang Baling

Baca juga: Pemangku Adat Kuansing akan Dapat Insentif, Berikut Penjelasan Plt Bupati

“Kita sudah tahu dan tandai lokasinya di mana saja untuk ditindak segera, meski tidak begitu masif, tapi pembalakan liar ini ada kita temukan saat dilihat dari atas,” Ungkap Kapolres Kuansing, AKBP Rendra Oktha Dinata saat patroli udara bersama Pemkab Kuansing dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Grup APRIL.

Tim patroli bersama dari Polres, Pemkab Kuansing dan PT RAPP terbang mengitari kawasan hutan Kuansing selama 50 menit mulai pukul 09.30-10.20 WIB. Terbang menggunakan helikopter PK-RGH PT RAPP, tim menemukan masih adanya praktek penambangan liar di sejumlah lokasi.

“Yang paling banyak itu penambangan liar, tadi kita lihat sebagian ada dompeng yang telah beroperasi, dan sebagian mungkin belum karena tidak ada orangnya, tapi segera akan kita pastikan ke lapangan,” paparnya.

Kapolres menambahkan, keberadaan aktifitas ilegal itu berada di hamparan cukup luas, yang tertutup oleh perkebunan dan lokasinya pun juga jauh ditempuh dari akses jalan raya.

Pj Sekretaris Daerah Pemkab Kuansing, DR. Agus Mandar, S.Sos. M.Si menambahkan ketika meninjau dari udara terlihat kondisi kawasan hutan SM Rimbang Baling masih terjaga dengan baik, walaupun ada bagian yang dirusak oleh perambah liar.

“Kita melihat juga dari udara konsesi PT RAPP, kondisi greenbelt dan kawasan buffer zone nya masih terjaga, semoga ini bisa terus dipertahankan. Harapannya nanti bisa menjadi cadangan misalnya saat kita membutuhkan kayu jalur,” harapnya.

Estate Manager Logas PT RAPP, Budi Waskito mengatakan perusahaan memiliki komitmen dan terus mendukung Pemerintah bersama Polres Kuansing, dalam upaya menjaga kawasan hutan. "Kita selalu sinergi dengan pemerintah dan polres kuansing, dalam mencegah aktifitas perambahan liar, kebakaran hutan dan lahan serta patroli rutin baik dari udara maupun di darat,” Ujarnya.

Baca juga: Resmikan Kantor Desa, Ini Harapan Plt Bupati Suhardiman Amby

Kegiatan patroli bersama ini sejalan dengan instruksi Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi untuk mengamankan kawasan hutan dari aktifitas perambahan liar. "Saya mengajak seluruh masyarakat, agar peduli dalam menjaga hutan kita tetap lestari. Perlu langkah nyata kita bersama untuk mewujudkannya. Saya memperoleh informasi adanya izin usaha pemanfaatan kayu di sekitar lokasi, dan saya minta kapolres untuk mendalaminya,” Tuturnya. (Zar)***


Informasi Anda Genggam


Loading...