Berkenalan Dengan Pasangan Arsitek yang Berhasil Membangun Rumah Pertama yang Terbuat Dari Serat Rami Di Uttarakhand

Devi
Selasa, 30 November 2021 | 14:04 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM - Untuk waktu yang lama, rami memiliki semacam stigma yang melekat padanya karena sering digunakan secara bergantian dengan Marijuana, dan hanya karena ini, potensi penuh dari tanaman yang tumbuh secara alami di sekitar kita belum dapat direalisasikan.

Namun, di seluruh dunia, ada beberapa inovasi yang telah membuktikan bagaimana ganja bisa sangat bermanfaat bagi manusia.
 

Tanaman Rami

Di India juga, ada beberapa kemajuan yang menjanjikan dalam hal inovasi terkait rami.

Baca juga: Anies Baswedan Usulkan 4 Strategi Jitu KTT Y20 Sebagai Tuan Rumah

Pasangan arsitek Gaurav Dixit dan Namrata Kandwal adalah dua inovator yang baru-baru ini meresmikan rumah mereka - yang pertama di India yang dibuat menggunakan serat rami.

Rumah Serat Rami Uttarakhand GoHemp

Rumah yang terletak di blok Yamkeshwar distrik Pauri Garhwal di Uttarakhand di desa leluhur istri Gaurav, Namrata, dibangun menggunakan campuran rami, kayu, dan kapur.

Menurut Gaurav, saat bekerja di Delhi, mereka menyadari kebutuhan mendesak akan bahan konstruksi berkelanjutan, yang dapat menggantikan beton tradisional.

Pada tahun 2016, pasangan itu mulai meneliti alternatif ramah lingkungan, dan selama penelitian mereka, mereka menemukan 'hempcrete'.

"Kami mulai meneliti dan menemukan bahwa bangunan dapat dibuat menggunakan bahan yang dapat ditanam di pertanian. Begitulah cara kami menemukan 'hempcrete', dan selama penelitian kami, kami menemukan bahwa ini sudah lazim di India kuno. Survei Arkeologis India telah menemukan bukti serat rami digunakan di gua Ellora. Karena serat rami digunakan untuk konstruksi di banyak bagian dunia, kami memutuskan untuk mencoba hal yang sama di India," kata Dixit kepada Indiatimes.

Pasangan itu kemudian pindah ke Uttarakhand, di mana lebih mudah untuk bekerja dengan rami dan mendirikan GoHemp start-up mereka.

Rumah Serat Rami Uttarakhand GoHemp

Dalam beberapa tahun berikutnya, pasangan itu mengerjakan beberapa formulasi untuk menyempurnakan hempcrete mereka.

"Setelah beberapa percobaan dan kesalahan, kami sampai pada formulasi saat ini. Langkah selanjutnya adalah menunjukkan kepada dunia bahwa ini dapat digunakan untuk membuat rumah. Kami ingin menunjukkan bagaimana rumah itu akan terlihat dan di semua tempat bahan ini dapat ditempatkan. digunakan di dalam rumah dll. Untuk melakukan ini kami membangun rumah untuk diri kami sendiri, sebagai perpanjangan dari rumah kami yang ada. Kami menggunakan campuran rami-kapur untuk membuat dinding monolit - yang dicor utuh. Kami menggunakan balok untuk membuat dinding kamar mandi dan toilet kami untuk memeriksa bagaimana kinerjanya dalam keadaan lembab. Plesteran rumah dilakukan dengan menggunakan dua campuran, satu dari serat rami dan kapur dan yang kedua rami dan tanah liat yang tersedia secara lokal, ”jelas Dixit.

Baca juga: Terbaru! Foto Diduga Nam Joo Hyuk Minum Alkohol Saat Dibawah Umur, Agensi Tak Beri Tanggapan

Rumah Serat Rami Uttarakhand GoHemp

Penggunaan serat rami untuk konstruksi rumah bahkan tidak berhenti di situ. Bahkan atap dilakukan dengan menggunakan bahan yang sama. 

"Selama penelitian, kami menemukan bahwa minyak biji rami dapat digunakan untuk memoles. Jadi kami menggunakan minyak biji rami untuk memoles semua perabotan kayu dan terlihat bagus," tambah Dixit.

Ramah lingkungan dan hemat biaya 

Rumah prototipe 800 kaki persegi dengan lima kamar dibangun dengan biaya sekitar Rs 30 lakh. Namun menurut Dixit, biayanya bisa lebih rendah setara atau bahkan lebih rendah dari metode konvensional.

Rumah Serat Rami Uttarakhand GoHempIndiatimes

"Keuntungan yang dimiliki hempcrete dibandingkan beton tradisional adalah satu, ini adalah produk yang dapat ditumbuhkan, dua ini adalah produk sampingan dari pemrosesan serat rami, yang jika tidak akan terbuang sia-sia. Karena penggunaan serat rami di industri tekstil dan industri lainnya meningkatkan jumlah bahan baku. bahan yang tersedia juga akan meningkat, yang selanjutnya akan menurunkan harga," katanya.

Rumah ini sepenuhnya ditenagai menggunakan tenaga surya, dengan energi yang dipanen melalui panel yang dipasang di atap.

Rumah Serat Rami Uttarakhand GoHemp

Rumah model itu diresmikan minggu lalu oleh mantan Ketua Menteri Uttarakhand Trivendra Singh Rawat. Meskipun rumah serat rami telah berhasil membuat beberapa buzz sekarang, Dixit mengatakan tidak mudah bagi mereka untuk meyakinkan penduduk setempat pada awalnya, yang skeptis.

Rumah Serat Rami Uttarakhand GoHemp

"Hemp adalah tanaman yang sangat disalahpahami, bahkan di sini. Jadi, sejak awal, kami melibatkan penduduk setempat dalam proses konstruksi. Kami memiliki tukang batu lokal, tukang kayu, dan pekerja lain yang melihat sendiri bagaimana hal itu dilakukan. Ini memasang sejumlah kepercayaan pada mereka dan berita menyebar melalui mereka. Peresmian rumah oleh mantan CM juga membantu membangkitkan beberapa gebrakan di antara penduduk setempat dan pihak berwenang, "kata Dixit.

GoHemp Agroventures tidak hanya memiliki bahan bangunan dalam portofolionya. Penelitian pasangan ini selama hampir lima tahun juga telah membentuk produk berbasis rami lainnya seperti papan rami yang dapat menggantikan kayu lapis untuk membuat furnitur.   

Rumah Serat Rami Uttarakhand GoHemp

Mereka juga sedang mengerjakan lebih banyak produk berbasis rami yang akan segera tersedia.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...