5 Efek Samping Berbahaya Minum Dari Botol Air Plastik, Bisa Sebabkan Kemandulan Lho...

Devi
Selasa, 30 November 2021 | 15:02 WIB
Foto : India.com R24/dev Foto : India.com

RIAU24.COM -  Seorang manusia mengkonsumsi sekitar 44 pon plastik sepanjang hidup mereka, menurut penelitian yang dilakukan oleh Thomson Reuters Foundation. 

Sementara perilaku konsumen berubah untuk mendukung merek yang berkelanjutan dan praktik ramah lingkungan, plastik masih mendominasi sebagian besar rumah. Faktanya, dapur kita penuh dengan botol plastik, stoples, wadah, peralatan, kantong sampah, dll. Dan penggunaannya meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Baca juga: Paksa Wanita Tidak Menuntut Mahar yang Banyak Jika Siklus Haid Tidak Teratur, Ustaz Ini Tuai Kritik Pedas Dari Netizen

Sebuah survei baru-baru ini menyatakan bahwa India menghasilkan 6.000 ton plastik setiap hari, hampir 10.000 ton di antaranya tidak dikumpulkan. Selain pencemaran lingkungan, plastik juga berdampak buruk bagi kesehatan kita. Kushagra Sharma dan Kartik Rajput, Direktur, minuman Volnaa Pvt. ltd dalam percakapan menjelaskan efek samping minum air dari botol plastik.

“Kami menyimpan air di semua jenis botol plastik, kendi atau wadah. Itu bisa di bawah kelas atau kelas tinggi, tetapi plastik adalah plastik! Ini adalah praktik sehari-hari yang sangat berbahaya karena wadah plastik membawa banyak bahan kimia dan bakteri,” kata mereka.

Baca juga: Khawatir dengan Efek Samping Vaksin COVID-19 dengan Penyakitnya, Rumah Sakit Tolak Berikan Pria Ini Transplantasi Jantung

Bahaya air minum dari botol plastik:

  • Produksi Dioxin: Paparan langsung ke matahari. Pemanasan tersebut melepaskan racun yang disebut Dioxin yang bila dikonsumsi dapat mempercepat kanker payudara.
  • Generasi BPA: Bifenil A adalah bahan kimia peniru estrogen yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, masalah kesuburan, masalah perilaku, dan pubertas dini pada anak perempuan. Sebaiknya jangan menyimpan dan meminum air dari botol plastik.
  • Dampak Sistem kekebalan: Sistem kekebalan tubuh kita sangat terpengaruh ketika kita minum air dalam botol plastik. Bahan kimia dari botol plastik tertelan dan cenderung mengganggu sistem kekebalan tubuh kita.
  • Kanker Hati dan Pengurangan Jumlah Sperma: Karena adanya bahan kimia yang disebut ftalat dalam plastik, air minum dari botol plastik juga dapat menyebabkan kanker hati dan pengurangan jumlah sperma.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Universitas Negeri New York di Fredonia menunjukkan bahwa ada tingkat mikroplastik yang berlebihan dalam air kemasan, terutama pada merek-merek populer. Mikroplastik adalah serpihan plastik kecil berukuran 5 milimeter atau lebih kecil. Mikroplastik ditemukan di lebih dari 93% air kemasan dan meskipun Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa tidak ada bukti konsumsi mikroplastik mempengaruhi kesehatan Anda, itu masih menjadi perhatian.


Informasi Anda Genggam


Loading...