Stok Vaksin Covid-19 Ada 300 Ribu Dosis, Gubernur Riau Minta Daerah Gesa Vaksinasi

Riki Ariyanto
Kamis, 02 Desember 2021 | 14:15 WIB
Dosis vaksin Covid-19 di Provinsi Riau masih tersedia 300 ribu dosis (foto/ilustrasi) R24/riki Dosis vaksin Covid-19 di Provinsi Riau masih tersedia 300 ribu dosis (foto/ilustrasi)

RIAU24.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta agar seluruh Satgas Covid-19 di kabupaten/kota menggesa vaksinasi. Sebab dari  data terbaru, stok vaksin yang tersedia di 12 kabupaten/kota di Riau masih ada 300 ribu dosis. 

Data Kementerian Kesehatan pelaksanaan vaksinasi dosis 1 di Riau, sudah mencapai 47,97 persen, pada Senin (29/11/2021). Jumlah itu setara dengan 2,32 juta peserta vaksin dari target yang ditetapkan sebanyak 4,84 juta orang. Sedangkan untuk vaksinasi dosis 2 hingga kemarin telah tercapai 31,44 persen dari target.

Masih banyaknya ketersediaan vaksin Covid-19, Gubri, Syamsuar berharap pemerintah daerah (Pemda) untuk segera merealisasikan vaksinasi. Mengingat kalau tidak habis maka Menteri Kesehatan bakal tidak mengalokasikan lagi untuk Provinsi Riau.

Baca juga: Dihadiri Gubernur, Besok DPD Pemuda Tani HKTI Riau Akan Dilantik

"Ini stok vaksin di seluruh kabupaten kota di Riau masih ada 300 ribu. Ini harus segera dihabiskan, kalau tidak habis, Menkes tidak akan mengalokasikan  lagi," sebut Gubri, Syamsuar Kamis (2/12/2021). 

Gubernur Riau itu menargetkan setiap harinya ada 40 ribu warga Riau harus tervaksin Covid-19 untuk pencapaian target. "Target vaksinasi minimal 40 ribu orang per hari. Supaya vaksin ini cepet habis, dan segera laporkan biar tahu juga progresnya gimana. Ini stok vaksin nasional masih ada, tapi baru bisa dikirim kalau vaksin kita habis," sebut mantan Bupati Kabupaten Siak itu.

Baca juga: PHR-STP Riau akan Kembangkan Wisata Bahari Pulau Rupat

Selain itu Gubernur Riau meminta kepada Satgas Covid-19 di daerah tidak lengah dan selalu mengajak masyarakat patuhi protokol kesehatan (Prokes). Apalagi ada varian baru Covid-19 Omicron yang selalu mengancam.

Maka itu penting selalu pakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Makanya Pemprov Riau telah menetapkan 9 check poin di perbatasan dengan Sumatera Barat (Sumbar) dan Sumatera Utara (Sumut). Posko check poin untuk memonitoring arus keluar masuk orang di wilayah Riau di momen natal dan tahun baru 2022.


Informasi Anda Genggam


Loading...